ASAL MULA ISTILAH APRIL MOP

Melihat trending topik pada mesin pencarian google, ternyata peristiwa 1 April yang dikenal sebagai April Mop merupakan salah satu yang populer. Dari beberapa sumber yang menceritakan latar belakang April Mop itu diantaranya sebagai berikut:

1 April dikenal dengan April Mop,  di kita (Indonesia) mop dianggap kata serapan dari bahasa Belanda yang artinya kelakar. Pada hari itu, siapa saja dianggap boleh  melakukan lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah, bahkan bukanlah masalah jika pada hari tersebut berbohong. Mungkin saja ini adalah hari yang boleh menyebar Hoax?

Di Perancis Istilah April Mop dtelah dikenal sejak abad 16, waktu itu 1 April dianggap sebagai tahun baru padahal Paus Gregory telah memperkenalkan kalender baru dan 1 Januari adalah sebagai awal tahun, namun pemeberitahuan atau sosialisasi  kalender pada masa itu tidak bisa dilakukan secara merata dalam waktu singkat, karenanya banyak yang tidak tahu dan tidak percaya ketika diberitahukan perihal tersebut. Sehingga mereka tetap merayakan tahun baru setiap tanggal 1 April, dan mereka yang merayakannya dianggap hanya sebagai orang yang melakukan bohong-bohongan,, dianggap sesuatu yang lucu, karena awal tahun baru saat itu sudah berubah menjadi 1 Januari, bukan 1 April lagi.

  1. Karena banyak yang tidak percaya pemberitaan akan terjadi tsunami Pada 1 April 1946 akibat gempa bumi, mengakibatkan 165 orang di Hawaii dan Alaska tewas akibat terseret arus tsunami
  2. Banyak orang yang kemudian meragukan kematian Raja George II dari Yunani pada tanggal 1 April 1947.
  3. Iran menyatakan 1 April merupakan Hari Republik pada tahun 1979, ini dianggap sebagai lelucon hingga tiga puluh tahun kemudian.
  4. 1 April 1984, penyanyi Marvin Gayu, ditembak oleh ayahnya. Awalnya, orang beranggapan bahwa itu adalah berita palsu, karena dianggap tidak mungkin  ayah membunuh anaknya.
  5. Persaingan antara Merger Square dan perusahaan Enix (pesaingnya), terjadi pada 1 April 2003, awalnya dianggap lelucon.
  6. Berita bunuh diri Leslie Chung penyanyi dan aktor terkenal asal Hong Kong, bunuh diri pada tahun 2003 karena depresi berat, diaggap sebagai kabar bohong saat itu.
  7. Gmail yang dirilis pada April 2004 oleh Google juga awalnya dianggap lelucon, karena Google memang terkenal sering memasang lelucon April Mop pada situsnya.
Share Button

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *