SENAM OTAK UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN

SENAM OTAK UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN
MENINGKATKAN KECERDASAN OTAK

SENAM OTAK UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN

Senam otak untuk meningkatkan kecerdasan. Senam Otak atau Brain Gym adalah senam atau gerakan-gerakan fisik yang dirancang untuk membantu fungsi otak yang lebih baik. Senam otak  sebagai bagian dari keseluruhan teori kecerdasan ganda, terutama kecerdasan kinestetis. Latihan-latihan ini didasarkan pada gagasan bahwa latihan fisik sederhana membantu aliran darah ke otak dan dapat membantu meningkatkan proses belajar dengan memastikan otak tetap waspada.

Umumnya kita lebih banyak menggunakan tangan kanan misalnya untuk makan, bersalaman, dan lain-lain.  Juga kaki kanan,  umumnya kita lebih mengaktifkan kaki kanan, misalnya  untuk menendang, menyalakan mesin motor,  dan lain-lain. Saat kita menggerakkan anggota tubuh bagian kanan ini berarti mengaktifkan fungsi belahan otak kiri.
Agar otak anak anda berfungsi secara optimal, serta kedua belahan otak sama-sama berfungsi, maka perlu dibiasakan untuk menggerakkan kedua bagian anggota tubuh, umumnya kita sama sekali tidak memberikan latihan kepada kiri untuk beraktiftas.
Salah satu cara melatih keseimbangan gerak anggota tubuh bagian kiri dan  kanan dan terasa mudah apabila dilakukan dalam kegiatan olah raga. Senam, misalnya dapat merangsang seluruh bagian tubuh untuk bergerak, dan hal ini sangat baik bagi otak karena merangsang fungsi kedua belahan otak, yakni otak kiri dan kanan.
Senam otak adalah latihan yang merupakan rangkaian gerakan-gerakan tubuh yang dinamis dan menyilang. Senam ini mendorong keseimbangan aktivitas kedua belahan otak secara bersamaan Setelah lakukan senam otak, diharapkan potensi kedua belahan otak akan seimbang sehingga kecerdasan anak pun menjadi maksimal.
Senam otak dapat meningkatkan kecerdasan kinestetis. Menurut Armstrong, kecerdasan kinestetis terkait dengan  kemampuan seseorang untuk menggunakan seluruh tubuh atau fisiknya.  Kecerdasan kinestetis  mengekspresikan ide dan perasaan, serta keterampilan menggunakan tangan untuk mengubah atau menciptakan sesuatu. Yang dimaksud kecerdasan kinestetis berarti berpikir dengan menggunakan tubuhnya, yang ditunjukkan dengan ketangkasan tubuh untuk memahami perintah dari otak. Hal ini mengarah pada sejumlah kemampuan fisik yang lebih spesifik, seperti kemampuan koordinasi, keseimbangan, keterampilan, kekuatan, kelenturan, dan kecepatan serta kemampuan menerima rangsangan (disebut juga dengan proprioceptive) dan beberapa hal yang berhubungan dengan sentuhan (disebut juga dengan tactile dan haptic).

Beberapa video senam yang bisa kita ikuti, diantaranya seperti di bawah ini:

 

Selamat mencoba.

Topik Terkait:

Kecerdasan Majemuk atau Kecerdasan Ganda (multiple Intelligences)

Senam Otak

Share Button

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *