Pengumuman Hasil SMPTN 2018 Dapat Diakses Mulai 17 April

Pengumuman Hasil SMPTN 2018 Dapat Diakses Mulai 17 April
Pengumuman Hasil SMPTN 2018 Dapat Diakses Mulai 17 April
Pengumuman Hasil SMPTN 2018 Dapat Diakses Mulai 17 April

Pengumuman Hasil SMPTN 2018 Dapat Diakses Mulai 17 April (hari selasa) pukul 17.00 WIB melalui laman resmi SNMPTN di http://pengumuman.snmptn.ac.id dan 12 laman berikut:

Tentang SMPTN

SNMPTN diperuntukkan bagi pelajar (jenjang) SMA/dan atau sederajat yang  yaitu kelas XII. Jalur ini memberi kesempatan untuk memilih total tiga program studi di dua Perguruan Tinggi Negeri berbeda (terdapat 85 perguruan tinggi negeri yang dapat dipilih oleh siswa).

Proses seleksi calon mahasiswanya menggunakan nilai raport atau nilai ang tertulis dalam laporan hasil belajar, sertifikat atau piagam prestasi, indeks sekolah, dan banyak pertimbangan lainnya.  Jadwal SNMPTN 2018 dimulai dari 13 Januari – 10 Februari 2018 untuk melakukan pendaftaran dan pengisisan PDSS oleh sekolah dan dilanjutkan dengan pendaftaran oleh siswa pada 21 Februari – 6 Maret 2018. Sedangkan hasil seleksinya diumumkan pada 17 April 2018.

SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)

SBMPTN seleksi bersama masuk perguuruan tinggi negeri dilakukan melaui  ujian tulis dan/atau ujian keterampilan (untuk jurusan seni dan olahraga). Pendaftar untuk jalur ini dibuka untuk lulusan tahun dimana SBMPTN tersebut dilangsungkan hingga dua angkatan sebelumnya, peserta seleksi diperbolehkan memilih tiga program studi di dua perguruan tinggi negeri.

Materi ujian tulisnya yaitu:

  1. Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) yang terdiri atas Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, TPA Verbal, TPA Numerikal, dan TPA Figural.
  2. Tes Kemampuan Dasar berdasarkan pilihan rumpun keilmuan yang dipilih oleh pendaftar. Misalnya untuk Sains dan Teknologi (Saintek) terdiri atas Matematika IPA, Biologi, Kimia, dan Fisika. Sedangkan untuk Sosial dan Humaniora (Soshum) adalah Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

Biaya seleksi yang ditanggung oleh peserta adalah sebesar Rp 200.000,00 dengan jadwal pendaftaran online dimulai dari 5 April 2018 hingga 27 April 2018. Kemudian ujian tulisnya dilaksanakan pada 8 Mei 2017 serta pengumuman hasilnya pada 3 Juli 2018.

Guru ke Rumah A&B

Share Button

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *