2 Mei Hari Lahir Ki Hajar Dewantara Sebagai Hari Pendidikan Nasional

2 Mei Hari Lahir Ki Hajar Dewantara Sebagai Hari Pendidikan Nasional
2 Mei Hari Lahir Ki Hajar Dewantara Sebagai Hari Pendidikan Nasional

 

Hari Pendidikan Nasional

2 Mei Hari Lahir Ki Hajar Dewantara Sebagai Hari Pendidikan Nasional. Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS), merupakan hari yang ditetapkan oleh pemerintah (Indonesia) untuk memperingati hari lahirnya Hari Pendidikan Nasional. Bertepatan dengan tanggal lahir   Ki Hadjar Dewantara. Beliau merupakan tokoh pelopor pendidikan di Indonesia dan pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa. Selanjutnya  2 Mei Hari Lahir Ki Hajar Dewantara Sebagai Hari Pendidikan Nasional.

 

Ki Hajar Dewantara atau beberapa menuliskan bunyi bahasa Jawanya menulisnya dengan Ki Hajar Dewantoro; lahir di Pakualaman, 2 Mei 1889. – meninggal di Yogyakarta, 26 April pada umur 69 tahun; selanjutnya disingkat sebagai "Soewardi" atau "KHD") adalah aktivis pergerakan kemerdekaan Indonesia, kolumnis, politisi, dan pelopor pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia dari zaman penjajahan Belanda. Ia adalah pendiri Perguruan Taman Siswa, suatu lembaga pendidikan yang memberikan kesempatan bagi para pribumi jelata untuk bisa memperoleh hak pendidikan seperti halnya para priyayi maupun orang-orang Belanda.

Tanggal kelahirannya sekarang diperingati di Indonesia sebagai Hari Pendidikan Nasional. Bagian dari tiga semboyan ciptaannya, tut wuri handayani. Selengkapnya tiga semboyan itu adalah Ing Ngarsa Sung Tulada, Ing Madya Mangun Karsa, dan Tut Wuri Handayani. Arti dari semboyan ini adalah: Tut Wuri Handayani (dari belakang seorang guru harus bisa memberikan dorongan dan arahan), Ing Madya Mangun Karsa (di tengah atau di antara murid, guru harus menciptakan prakarsa dan ide), dan Ing Ngarsa Sung Tulada (di depan, seorang pendidik harus memberi teladan atau contoh tindakan yang baik).

Semboyan ciptaan beliau selanjutnya menjadi slogan Kementerian Pendidikan Nasional Indonesia. Namanya diabadikan juga sebagai salah sebuah nama kapal perang Indonesia, KRI Ki Hajar Dewantara. Potret dirinya diabadikan pada uang kertas pecahan 20.000 rupiah tahun edisi 1998.

MASA KECIL KI HADJAR

Ki Hadjar Dewantara lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889, dengan nama kecilnya Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. . Beliau putera dari Pangeran Soerjaningrat dan cucu dari Paku Alam III.

 

 

Lazimnya anggota keluarga bangsawan, Raden Mas Soewardi Soeryaningrat tinggal bersama keluarga dalam lingkungan bangsawan Pakualaman di Yogyakarta yang serba mewah dan berkecukupan. Berangsur-angsur sesuai tingkat usianya, Ki Hadjar Dewantara kecil diberi pelajaran mengaji, menari, memukul gamelan (karawitan), membaca buku-buku sastra Jawa dan perang-perangan. Sesekali oleh pengasuhnya diajak keliling untuk memahami keadaan di dalam dan  di luar lingkungan kebangsawanan yang situasinya sangat berbeda.

Ki Hadjar Dewantara memang dilahirkan dengan bakat cerdas, berperasaan halus dan berkemauan keras. Melalui belajar mengajinya beliau memiliki keimanan dan ketaqwaan yang tinggi terhadap Tuhan Yang Maha Esa, di samping itu beliau juga dapat bersikap jujur, adil dan selalu mendambakan kebenaran. Melalui pelajaran menari dan karawitan, beliau bersikap santun (etis) dan senang akan keindahan (estetis). Melalui pelajaran kesusasteraan Jawa, beliau mempunyai wawasan hias tentang kebudayaan. Dan melalui belajar perang-perangan beliau dapat menanamkan jiwa sportif yang konsisten dan konsekuen.

Khusus mengenai pengamatannya terhadap lingkungan dalam dan luar keraton, Ki Hadjar Dewan tara kecil mendapatkan kesan tersendiri. Beliau selalu menanyakan kepada pengasuhnya, siapa-siapa saja yang berada di luar lingkungan keraton dan mengapa mereka berbeda. Atas jawaban yang obyektif dari para pengasuhnya, timbullah perasaan ingin mengangkat derajat rakyat banyak (masyarakat). Ingin menyejahterakan dan membahagiakan semua masyarakat secara bersama-sama. Ki Hajar Dewantara Wafat pada tahun 1959.

Ki Hajar Dewantara

Guru ke Rumah A&B

Share Button

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *