Sistem Tata Surya dan Planet-Planet

Sistem Tata Surya

Sistem tata surya

Sistem tata surya terdiri dari: planet, matahari, satelit, asteroid, satelit bumi dan lain sebagainya yang ada di langit. Objek-objek langit tersebut membentuk sebuah sistem secara teratur.  Semua objek yang ada di langit itu terikat oleh gaya gravitasi.

Perhatikan pergerakan planet-planet mengelilingi matahari, pada vidieo berikut:

Terbentuknya Tata Surya

  1. Teori Planetesmal

Menurut hasil penelitian para ahli, tata surya terbentuk karena adanya benda langit lain yang lewat cukup dekat dengan matahari.  Itu terjadi pada saat awal pembentukan matahari. Akibat dari kedekatan benda langit tersebut dengan matahari mengakibatkan adanya tonjolan pada permukaan matahari. Dengan adanya bantuan bintang yang dekat dengan matahari mka memberikan efek gravitasi. Hal ini mengakibatkan terbentuknya dua lengan spiral yang memanjang pada matahari.

Setelah itu sebagian besar materi tertarik kembali, dan sebagian benda langit lainnya tetap di orbitnya. Lalu setelah mendingin dan memadat  menjadi benda-benda berukuran kecil yang disebut dengan planetisimal dan beberapa benda planet lainnya yang berukuran besar disebut dengan protoplanet. Objek-objek tersebut  bertabrakan dari waktu ke waktu. Ada yang membentuk bulan dan planet dan sisa dari materi lainnya menjadi komet dan asteroid.

Teori ini dibangun oleh ahli geologi Thomas C.Chamberlin (1843-1928) dan Astronom Forest R. Moulton (1872-1952)

2. Teori Awan Debu

Menurut hasil penelitian para ahli ini tata surya terbentuk dari gumpalan gas dan debu kemudian gumpalan awan mengalami penyumbatan dan pada proses penyumbatan tersebut partikel-partikel debu akan tertarik masuk ke bagian pusat awan membentuk gumpalan bola dan kemudian mulai terikat yang akan membentuk cakram yang tebal dibagian tengah dan bagian tepi nya yang tipis. Lalu partikel-partikel di bagian tengah cakram akan saling menekan dan kemudian menimbulkan panas dan berpijar , dan bagian inilah yang akan menjadi matahari. Sementara itu bagian yang luar akan berputar sangat cepat sehingga akan terpecah-pecah membentuk gumpalan yang lebih kecil dan gumpalan kecil ini akan terikat dan kemudian membeku yang akan menjadi planet-planet.

Teori ini dibangun oleh: Carl Von Weizsaeker (1940) dan Gerard P Kuiper (1950)

Info Guru ke Rumah

klik di gb. bawah ini:

Sistem Tata Surya

Grup fb klik disini

 

Share Button

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *