Puri Saren Agung Salah Satu Objek Wisata di Ubud Bali

Puri Saren Agung

 

Puri Saren Agung adalah istana kerajaan Ubud. Istana dengan tampilan yang sangat indah dan nampak megah. Bangun istana ini merupakan bentuk rumah tradisional sebagai tempat kediaman Raja Ubud. Eksistensi puri ini menujukkan jiwa serta identitas Desa Ubud sendiri secara khusus, dan Bali pada umumnya. Sekalipun sistem feodal sudah lama dihilangkan namun bukan berarti rasa hormat kepada raja ataupun keturunannya menjadi serta merta luntur.

Puri Saren Agung ini dibangun oleh Ida Tjokorda Putu Kandel.  Ida Tjokorda Putu Kandel berkuasa antara tahun 1800-1823 M. Puri Saren selama ini   digunakan  sebagai repositori budaya tradisional Bali yakni sebagai pelindung utama kesenian, tarian, maupun sastra Bali. Puri ini sangat unik, karena memiliki benda-benda yang sarat dengan estetika yang tinggi, bangunan tradisionalnya menawan dan artistik. Puri ini dilengkapi juga dengan auditorium/wantilan sebagai tempat pertemuan.

Peninggalan budaya di Bali selain masih dipertahankan hingga kini, namun juga benar-benar dimanfaatkan untuk menarik minat para turis lokal maupun mancanegara. Puri Saren Agung di Ubud adalah salah satunya. Puri ini masih tetap lestari sekalipun budaya, teknologi, dan seterusnya terus berkembang. Namun karena kealamian dan keunikannya itulah yang masih dipertahankan membuat puri ini tak pernah sepi dari pengunjung.

Dikarenakan letak Puri Saren ini di jalan utama Ubud, maka secara otomatis segala bentuk usaha yang berada di jalan utama ini menjadi fasilitas pendukung bagi wisatawan yang datang, contohnya; restaurant, bungalow, toko souvenir, money changer, dan masih banyak lagi yang lainnya. Puri Saren Ubud menjadi salah satu bukti akan tetap terpeliharanya warisan Sejarah dan Budaya Ubud Bali, dimana masyarakatnya senantiasa melestarikan alam dan adat istiadat mereka dalam upacara keagamaan secara santun.

Lokasi Puri Saren

Puri Saren Agung  berada di Jalan Utama Ubud, Gianyar, Provinsi Bali. Puri Saren Agung  berjarak sekitar 22 km dari Kota Denpasar Bali sehingga hanya dalam waktu 35 menit perjalanan, Anda akan tiba di tempat wisata ini.

 

Kawasan Wisata Bedugul

Share Button

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *