Garuda Wisnu Kencana

Garuda Wisnu Kencana

 

Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Garuda Wisnu Kencana (GWK)  sebuah patung yang dibangun  di Desa Ungasan, Kuta Selatan, Bali. GWK didirikan pada lahan bekas lokasi penambangan kapur liar. Lahan ini ditinggalkan dalam keadaan yang kurang baik dan tidak ada tanaman yang hidup baik. Ini karena lahannya kapur dengan top soil yang sangat minim. Patung Garuda Wisnu Kencana dibangun sejak 1997 dan direncanakan selesai Agustus 2018.

GWK memiliki ketinggian 121 meter. Patung ini akan menjadi patung tembaga dengan teknik cor las terbesar di dunia. Teknik cor las juga akan menandai pertama kalinya patung sebesar GWK dikontruksi dengan pengelasan keping demi keping. Pembangunan Patung GWK di Kawasan Kebudayaan (cultural park), Desa Ungasan, Kuta Selatan, Bali, telah berlangsung selama 28 tahun. GWK sendiri muncul sebagai gagasan untuk menciptakan landmark pariwisata Bali pada tahun 1989.

 

Makna Patung GWK

gwk

Garuda Wisnu Kencana merupakan wujud dari Dewa Wisnu yang dalam agama Hindu merupakan Dewa Pemelihara. Dewa Wisnu digambarkan sedang mengendarai seekor burung Garuda. Bentuk ini berasal dari kisah Garuda dan Kerajaannya yaitu Dewa Wisnu yang melindungi burung Garuda. Karena burung ini telah berbakti dan berkorban untuk menyelamatkan ibunya dari perbudakan.

Nama Garuda Wisnu Kencana berasal dari nama tokoh yang ada yaitu Garuda dan Wisnu, sedangkan kencana berarti emas karena tahta tempat patung burung Garuda dan Dewa Wisnu berdiri dilapisi emas.

 

Pembangunan Patung GWK

Pembangunan megaproyek patung GWK memiliki desain yang unik. Pembuatan patung ini menggunakan campuran tembaga dan baja seberat 3.000 ton, ini akan menjadikan patung Garuda Wisnu Kencana sebagai patung terbesar di dunia mengalahkan patung Liberty. Patung ini juga diproyeksikan memiliki jarak pandang mencapai 20 km sehingga masih dapat terlihat dari Kuta, Sanur, Nusa Dua, hingga Tanah Lot.

Proses pembuatan Patung Garuda Wisnu Kencana dilakukan oleh I Nyoman Nuarta di tempat kerjanya yang berada di kota Bandung. Desain patung terdiri dari 24 segmen dengan total modul sebanyak 754. Bahan patung yang digunakan adalah logam tembaga dan kuningan, kemudian kedua logam ini dilapis dengan zat asam patina.

Patung GWK selanjutnya direncanakan akan digunakan sebagai patung penyambutan wisatawan yang berkunjung ke Pulau Bali. Karena patung GWK ini akan terlihat sangat jelas dan mengagumkan dari pesawat ketika memasuki Pulau Bali.

 

Peta Lokasi GWK

Objek Wisata Tanah Lot, Bali

Share Button

One thought on “Garuda Wisnu Kencana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *