Pemberitahuan Layanan Kantor A&B Bimbel Guru ke Rumah

Layanan Kantor A&B

Pemberitahuan Layanan Kantor A&B untuk Tahun Pelajaran Baru 2018/2019

Layanan Kantor A&B, bimbingan belajar Guru ke Rumah akan kembali buka mulai tanggal 9 Juli 2018. Setelah memasuki masa libur akhir semester 2 tahun pelajaran 2017-2018. Libur akhir semester tersebut berbarengan dengan liburan dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1439 H. Dan saat bersamaan pula degan PPDB atau Penerimaan Peserta Didik Baru untuk Tahun Pelajar 2018-2019.

Belajar Sejak Awal Semester Lebih Bijak

Belajar di sekolah yang mengacu pada kurikulum yang digunakan adalah belajar yang berkesinambungan dan berkelanjutan. Kurikulum sekolah tentunya sudah mengatur materi pembelajaran. Materi pembelajaran yang akan berkelanjutan, telah diatur pelajaran mana yang harus didahulukan sebagai pengenalan, materi apa yang harus diberikan sebagai intinya, dan seterusnya. Karenanya jika siswa belajar sekaligus pada saat akan ulangan, atau pada saat pertengahan materi, kerja otak tidak optimal.

Contoh yang sederhana, pembelajaran matematika dimulai dari menambahkan angka-angka yang kecil. Angka-angka yang dikenalkan melambangkan jumlah yang cukup dihitung dengan jari, itupun diulang-ulang. Kenapa harus diulang-ulang? agar tersimpan dalam memory jangka panjang. Proses penyimpanan hal baru yang dipelajari, akan mudah tersimpan pada Long Term Memory (memory jangka panjang) bila ada pengetahuan yang berkaitan dengan pengetahuan baru tersebut. Sederhananya, kita akan mudah belajar perkalian dan menyimpannya pada LTM apabila pada memory tersebut telah tersimpan pengetahuan yang terkait. Pengetahuan yang terkait itu adalah pengetahuan tentang penjumlahan. Bayangkan tanpa mempelajari penjumlahan lalu belajar perkalian, itu akan sangat tidak bijaksana.

Maka untuk sukses dalam ujian atau ulangan memerlukan waktu dan proses panjang dan berkesinambungan. Dan untuk mempermudah dalam proses pembelajaran, harus belajar dari materi awal dan diulang-ulang. Maka belajar harus mulai sesegera mungkin, pada awal semester, awal pembelajaran. Sulit mencapai keberhasilan dalam pembelajaran jika dilakukan dalam waktu yang sempit. Itulah kenapa ada moto: “Rajin Pangkal Pandai”. Pandai disini mengacu pada kinerja otak. Kepandaian bisa dicapai dengan rajin mengulang pelajaran, untuk dijadikan pondasi yang kuat saat menopang pelajaran materi berikutnya.

 

 

Info Tentang Guru ke Rumah klik disini

Informasi PPDB DKI

Grade SMU di DKI Jakarta berdasarkan nilai UN thn 2018 (Jalur Lokal)

 

 

 

Share Button

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *