Learning Style : Gaya Belajar Personal

Learning Style

 

 

 

 

Learning Style atau Personal Learning Style (PLS) adalah gaya belajar personal. Cara khas seseorang saat orang tersebut mempelajari sesuatu. PLS ini konteksnya adalah bagaimana seseorang belajar dengan learning stylenya sehingga ia memperoleh hasil belajar yang optimal.

Hasil belajar optimal diperoleh oleh cara belajar yang efesien dan efektif. Belajar itu efesien dan efektif bila apa yang dipelajari dengan "mudah" dapat diserap secara utuh. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah apa yang telah diserap itu dapat difungsikan sesuai dengan tujuan mempelajarinya.

Belajar adalah upaya otak menyerap informasi dari sumber pembelajaran melalui perangkat data entry yakni panca indera. Dalam konteks penyerapan pengetahuan oleh Indra, maka setiap person bisa berbeda memilih Indra mana yang lebih dominan difungsikan. Ada yang belajarnya merasa lebih efektif dengan cara melihat (visual), dengan mendengar (auditori) atau belajarnya dengan cara menyertakan banyak gerak (kinestetik). Oleh karenanya kita mengenal: 1. Gaya Visual 2. Gaya Auditori 3. Gaya belajar Kinestetis.

Learning Style Visual, Auditori dan Kinestetik

Visual

Gaya belajar visual adalah gaya belajar yang cenderung menyerap informasi atau pelajaran dengan membaca atau meilihat. Gaya belajar visual, belajar lebih dominan melalui penglihatan.

Saat mempelajari hal baru, biasanya tipe ini perlu melihat sesuatu secara visual untuk lebih mudah mengerti dan memahami. Selain itu, tipe visual juga lebih nyaman belajar dengan pengunaan warna-warna, garis, maupun bentuk. Itulah mengapa, orang yang memiliki tipe visual biasanya memiliki pemahaman yang mendalam dengan nilai artistik, seperti paduan warna dan lainnya.

Auditory

Gaya belajar auditori, mempelajari sesuatu dengan dominasi melalui apa yang didengarnya akan diserap secara optimal. Bahasa verbal adalah bentuk utama untuk pertukaran informasi bagi kamu dalam gaya belajar auditori.

Untuk yang memiliki gaya belajar auditori, lebih mengandalkan pendengaran sebagai menerima informasi dan pengetahuan. Gaya belajar tipe aditory ini tidak masalah dengan tampilan visual saat mengajar, yang penting adalah mendengarkan pembicaraan guru dengan baik dan jelas, menikmati mendengar cerita dan lelucon.

Kinestetik

Siswa dengan gaya belajar kinestetik, akan sangat senang dan cepat mengerti bila informasi tersebut terlebih dahulu “dicontohkan”.  Atau ia membayangkan dan mempraktekan hal yang dipelajarinya. Menyenangi belajar yang melibatkan gerakan. Ia merasa lebih mudah mempelajari sesuatu tidak hanya sekadar membaca buku tetapi langsung memperagakannya. Bacaan lebih lanjut VAK Analisis.

Renungan

Belajar di kelas dengan jumlah siswa yang banyak, dan tiap siswa mempunyai learning style yang beraagam dengan tingkat toleran yang berbeda pula, seberapa optimal hasil pembelajaran yang didapat?_________________

Bimbingan Belajar Privat 1 guru 1 siswa atau kelompok maksimal 4 siswa.

Biaya Bimbel Privat SD

Biaya Bimbel Privat SMP

Biaya Bimbel Privat SMU

Share Button