Bimbel Kelas dan Bimbel Privat

bimbel

Bimbel atau bimbingan belajar hadir karena ada siswa yang membutuhkan bimbingan belajar. Bukankah sudah belajar di sekolah? Sekolah di kita menyelenggarakan pembelajaran dengan membentuk kelas-kelas. Kelas itu artinya klasifikasi (calss) atau pengelompokan. Pengelompokan terhadap sesuatu tentu didasarkan pada kriteria tertentu. Sebagai contoh, kita melakukan pengelompokan kendaraan berdasarkan pada jumlah roda. Lalu kita membagi kedalam (misalnya) 2 kelompok atau 2 kelas. kelas 1 adalah kendaraan roda empat. kelas 2 adalah kendaraan roda 6. Dalam hal ini dasar pembentukan kelas jelas sekali yaitu jumlah roda kendaraan. Bagaimana halnya dengan kelas yang dibentuk sekolah?

Dasar Pembentukan Kelas

Pada jenjang pendidikan Dasar (SD) yang dijadikan acuan yang terpenting adalah usia. Maka ketika usia sebagai kriteria untuk masuk pada satu kelas, dan bukan didasarkan pada kriteria lainnya seperti kemampuan potensi akademik misalnya. Maka tidak bisa dihindari dalam satu kelas tersebut terdiri dari berbagai siswa dengan karakter yang juga beragam. Jika keberagaman ini konteknya pada daya tangkap materi yang dipelajari, maka sedikit banyak akan mempengaruhi siswa secara keseluruhan. Ada siswa yang sudah bisa membaca, sementara ada juga yang belum. Siswa yang sudah bisa baca kecepatan untuk mempelajari materi akan terhambat. Sementara siswa yang belum bisa baca, bisa saja kemudian menjadi siswa yang minder. Bandingkan jika satu kelas sama-sama sudah lancar baca tulis.

Selain adanya keragaman kemampuan akademik, juga memungkinkan adanya perbedaan gaya belajar Learning Style, sementara jumlah murid banyak. Inilah kemudian yang "merepotkan" guru untuk memberikan solusi secara personal. Mengingat ini adalah kelas, kelompok, semua siswa memiliki hak yang sama untuk diperhatikan dan berkembang secara optimal. Sehingga walau guru kelas memahami permasalahan orang per orang, namun karena siswa dalam 1 kelas cukup banyak menyulitkan guru untuk meberikan solusi secara personal.

Tambahan Bimbel Salah Satu Solusi

Permasalahan seperti di atas adalah contoh yang sederhana dari kasus yang bisa dan biasa terjadi pada pelaksanaan pembelajaran dalam satu kelas. Karenanya tidak jarang guru kelas menyarankan orang tua siswa untuk memberikan bimbingan belajar tambahan saat di rumah. Dan ketika orang tua siswa tersebut juga tidak sempat mengajarinya, maka lembaga pendidikan non formal seperti Bimbel menjadi harapan yang bisa memberikan solusi.

Lalu kemudian mana yang lebih tepat memilih bimbel privat di rumah atau memilih bimbel di kelas?

A&B

Biaya Berdasar Jenjang Pendidikan

Biaya Privat SD

Biaya Privat SMP

Biaya Privat SMU

Share Button

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *