Perbandingan Bimbel Privat dan Kelas

Perbandingan bimbel

Perbandingan Bimbel (bimbingan belajar) Privat Guru ke Rumah dan Bimbingan Belajar di kelas terutama dari sisi efeiensi, efektivitas dan biaya.

Perbandingan Bimbel dalam Hal Efesiensi Bimbingan Belajar

Bimbingan belajar (bimbel) pada dasarnya membantu membimbing siswa terutama dalam hal:

  1. Siswa yang merasa "tertinggal" saat memahami pelajaran tertentu di kelasnya. Sehingga merasa perlu untuk mendapatkan tambahan penjelasan materi tersebut.
  2. Ada siswa yang merasa perlu mendapat materi tambahan untuk kepentingan tertentu, misalnya  untuk pelajaran bahasa Inggris, computer, yang belum diajarkan di kelasnya.
  3. Ada siswa yang menyadari perlunya persiapan sejak awal untuk meraih prestasi. Bahwa untuk meraih sukses pada kenaikan kelas, Ujian Akhir Sekolah, memperoleh Nilai Ujian Nasional yang baik, diperlukan belajar keras sejak dini. Belajar yang disesuaikan dengan cara kerja otak. Belajar dibawah bimbingan, sehingga ada kontrol, ada evaluasi, dan ada teman untuk diskusi. Dan itu dilakukan secara rutin, dan teratur. Baca: Learning Style

Maka bimbingan belajar yang bisa memberikan apa yang dibutuhkan siswa dalam jangka pendek saat ini, dan untuk waktu mendatang, dengan tetap mempertimbangkan kondisi siswa, gaya belajarnya yang khas Personal Learning Style. Pada akhirnya diharapkan proses pembelajaran seperti ini berhasil secara optimal. Bimbingan seperti ini hanya bisa dilakukan melalui bimbel personal, bimbingan belajar privat guru ke rumah.

 

Perbandingan Bimbel dalam Hal Efektifitas Bimbingan Belajar

Seperti yang telah disampaikan di atas, bimbel yang dilakukan setelah belajar di sekolah pada dasarnya untuk membantu materi yang diterima di sekolah. Membantu untuk lebih memahami materi tersebut, atau membantu untuk lebih menguasaikan, terutama dengan berlatih mengerjakan soal soal terkait  materi tersebut.

Sehingga bimbingan belajar dikatakan efektif bila dapat memberikan manfaat langsung saat dibutuhkan. Bimbingan belajar bersifat personal atau privat tentu menjadi pilihan yang tepat untuk hal ini. Kenapa? karena apa yg dipelajari pada saat bimbingan oleh pengajar privat tentu materinyapun berdasarkan kebutuhan siswa saat itu. Bila esok hari ada ulangan matematika tentang Bilangan Bulat misalnya, maka siswa bisa meminta guru privatnya membahas materi tersebut. Bahkan jika membutuhkan waktu lebih, siswa bisa meminta perpanjangan waktu belajar misalnya menjadi 2x pertemuan. Atau dalam 1 kali pertemuan menjadi 3 jam. Hal ini hampir tidak bisa dilakukan pada bimbel kelas. Karena mungkin saja siswa yang lainpun akan ada tes dan berbeda materinya.

 

Perbandingan Bimbel dari Sisi Biaya

Membandingkan biaya bimbel privat dan bimbel kelas, dalam opini umum Privat pasti lebih mahal. Tentu hal ini perlu dicermati betul-betul. Karena jika di hitung secara keseluruhan bisa saja salah. Dan tentunya hal ini bisa saja bersifat relatif tiap masing-masing bimbel. Namun yang sebaiknya dipertimbangkan diantaranya:

  1. Umumnya pembayaran bimbel kelas harus dibayar untuk minimal 1 semester, sementara biaya bimbel privat umumnya per 8x pertemuan, atau kalaupun ditawarkan kelipatannya pasti diberikan discount.
  2. Walau sudah dibayarkan misalnya untuk 8x pertemuan atau lebih, namun pembayarannya dihitung jika ada pertemuan/pembelajaran. Artinya jika sepakat antara siswa dan pengajarnya libur pada saat pertemuan ke 2 misalnya, maka pertemuan tersebut dianggap tidak ada pembelajaran. Dan ini tidak dihitung sebagai pertemuan atau tidak ada pemotongan pembayaran. Bandingkan dengan bimbel kelas, jika siswa tidak masuk, siswa tetap membayar pertemuan tersebut.
  3. Karena siswa yang harus mendatangi kelas, maka saat pergi dari rumah dan saat berada di bimbel mungkin saja akan menimbulkan tambahan "cost" yang harus dikeluarkan.

 

Biaya Berdasar Jenjang Pendidikan

Biaya Privat SD

Biaya Privat SMP

Biaya Privat SMU

 

 

Share Button