Revolusi Digital pun Dimulai

Revolusi Digital

Revolusi adalah perubahan pada tatanan sosial yang berlangsung secara cepat dan menyangkut dasar atau pokok-pokok kehidupan masyarakat. Revolusi Digital  yang dimaksud pada tulisan inil adalah perubahan kegiatan  dalam masyarakat (komunikasi, kegiatan ekonimi, dll.) dari konvensional ke digital. Perubahan ke digital ini ditandai dengan penggunaan sarana atau media online (melalui proses digital). Atau melibatkan penggunaan "artificial Intelligence" atau robotik. Lalu kita akrab dengan istiah Digital Marketing. Konsep pemasaran yang menggunakan sarana media online dan internet untuk memasarkan produk dan jasa. "Masyarakat digital” (digital society) adalah sekelompok masyarakat yang dalam aktifitas kesehariannya begitu lekat dengan dunia internet (online). Maka Revolusi Digital merupak perubahan dari kegiatan masyarakat (komunikasi, kegiatan ekonomi, dll.) yang awalnya dilakukan secara konvensional, kini berubah dengan menggunakan media online, menggunakan alat atau mesin sebagai produk dari artificial intelligence.

Duta Besar Indonesia untuk Australia, Nadjib Kesoema, di kampus Universitas Flinders, Adelaide,  menegaskan, Indonesia hari ini dan pada masa mendatang merupakan masyarakat digital dengan transformasi di berbagai sektor. "Masyarakat digital (digital society) adalah realitas hidup di abad 21, dan Indonesia adalah contoh bagaimana komunitas digital mengubah banyak sektor dalam kehidupan," kata Kesoema, dalam sesi pembukaan Konferensi Internasional Pelajar Indonesia 2016 oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia di Australia. Ia bercerita di kawasan timur Indonesia kini sudah banyak siswa SMA yang sudah memiliki telepon android dan terkoneksi internet. 

Proses Revolusi Dgitalpun Dimulai

Ketika (terutama) handphone berbasis android, penggunaan internet, mesin atau perangkat automatis menggantikan kerja manusia. Maka kegiatan konvensional mulai beralih ke digital. Revolusi digitalpun sudah mulai, kegiatan  perekonoman masyarakat terus beralih dari konvensional ke perekonomian digital. Pada tatanan masyarakat pergeseran ini diawali terutama dengan kehadiran media sosial, yang dengan cepat mengubah cara berkomunikasi. Komunikasi dalam media sosial menjadi lebih mudah, lebih murah dan lebih intensif, tanpa terkendala jarak dan waktu. Pertukaran informasi yang didukung teknologi audio visual juga kian menambah gairah untuk berpromosi bagi pelaku-pelaku bisnis baik korporasi atau pribadi. 

Tentu adanya perubahan akan memberikan dampak baik positif juga negatif. Ada jenis pekerjaan baru yang terbuka. Namun ada juga jenis pekerjaan tertentu yang "menghilang". Demikian yang juga terjadi saat revolusi industri tahun 1750-1850.

___________________________________________________

Penulis: Emris Abe

Revolusi Industri 1750-1850

Share Button

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *