Pergerakan Lempeng Tektonik Gempa Dan Tsunami

Lempeng Tektonik

Lempeng Tektonik adalah litosfer dengan ketebalan sekitar 50 sampai 100 kilometer. Litosfer merupakan lapisan bumi yang paling luar dan tipis dibandingkan dengan lapisan di bawahnya. Lempeng tekntonik pada litosfer terdiri dari dua bagian, yaitu lempeng samudra yang ada di dasar laut dan lempeng benua yang terlihat di daratan. Lempeng samudra lebih luas tapi lempeng benua lebih tebal. Adanya aktivitas konveksi pada astenosfer yang berada persis di bawah litosfer, lempeng litosfer terpecah menjadi beberapa Lempeng:

  1. Pacific
  2. North America
  3. South America
  4. African
  5. Eurasian (Indonesia berada),
  6. Australian
  7. Antartica.

Pergerakan Lempeng Tektonik

Adanya pergeseran lempeng-lempeng tektonik (continental drift)  diduga karena adanya arus konveksi di dalam lapisan mantel bumi. Arus konveksi ini terjadi karena adanya pemanasan yang bersumber dari inti bumi. Pada tempat-tempat tertentu matrial pijar naik ke permukaan, kemudian menyebar horisontal meninggalkan tempat naiknya. Di tempat lain arus itu masuk ke dalam mantel lagi. Arus itulah yang menggerakan lempeng-lempeng seolah mengapung di atasnya. Lempeng-lempeng tektonik tersebut ada yang terdorong saling menjauh (divergent), ada juga yang saling berbenturan (convergent), dan saling bergesekan.

Diketahui bahwa "zona-gempa" aktif di seluruh dunia berkaitan dengan pergerakan lempeng tektonik tersebut. Kawasan gempa aktif berupa patahan atau sesar semuanya berada di kawasan tumbukan atau pinggiran lempeng tektonik. Pergerakan lempeng tektonik merupakan pemicu munculnya kawasan gunung berapi aktif di seluruh dunia. Saat ini kita mengenal apa yang disebut Cincin Api Pasifik (ring of fire) yang melingkar dari Amerika Utara, Jepang, Indonesia, Hawaii dan kembali ke arah Amerika Selatan. Lalu apa sebetulnya dan bagaimana gerakan lempeng tektonik itu?

Silahkan simak tayangan berikut:

 

Bumi yang dinamis

Dengan berdasar teori Wegener mengenai "Continental Drift" alias pergerakan lempeng tektonik itu, ternyata bahwa Bumi adalah planet yang  dinamis. Inti Bumi terdiri dari batuan panas yang cair, dan di atasnya mengapung lapisan kerak bumi. Adanya tumbukan (convergen) atau penyebaran (divergen) dua atau lebih lempeng tektonik, selama ratusan juta tahun silam membentuk morfologi Bumi saat ini.

____________________

Oleh: Emris Abe

Continental Drift

Share Button

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *