Otak Manusia Membutuhkan Nutrisi dan Vitamin Tertentu

otak manusia

Seperti halnya organ tubuh lainnya, otakpun membutuhkan nutrisi yang berfungsi untuk melindungi sel-sel otak, membantu regenerasi sel, hingga meningkatkan memori dan kemampuan berpikir.

Dengan mendapatkan asupan nutrisi untuk otak sesuai kebutuhannya, dapat mencegah berbagai penyakit yang berhubungan dengan otak, misalnya dementia, Alzheimer, dan juga Parkinson. Nutrisi yang  tepat dapat mendukung dan meningkatkan performa berpikir.

Berbagai jenis vitamin untuk otak bisa Anda dapatkan melalui pilihan makanan (diet) yang sehat dengan kandungan gizi berimbang. Asupan nutrisi dan vitamin untuk otak, bisa memengaruhi proses kognitif dan juga kestabilan emosi seseorang.

Nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan otak manusia:

1. Vitamin B1

Berperan penting dalam hantaran impuls sel saraf. Kekurangan vitamin B1 dapat berpengaruh pada kondisi mental, kemampuan belajar, energi, kemampuan tubuh dalam menghadapi tekanan, dan daya ingat pada penderita penyakit Alzheimer.

Sumber vitamin B1 kacang-kacangan, daging, ragi, dan biji sereal.

otak

2. Vitamin B12

Berperan dalam pembentukan myelin, yaitu lapisan pelindung serat saraf otak  dari kerusakan saraf, kehilangan ingatan, menurunnya suasana hati, dan penurunan mental.

Suber Vitamin B12: daging sapi, domba, ikan, unggas.

3. Vitamin B6

Berperan dalam produksi serotonin dan dopamin yang menjaga suasana hati dan kewaspadaan.

Sumber Vitamin B6  kangkung, kembang kol, lobak, sawi, tuna, dan bawang putih.

b6

 

4. Asam Folat

Kekurangan asam folat bisa menurunkan kemampuan daya ingat dan fokus. Asam folat juga membantu menurunkan kadar asam amino homosistein pada darah yang menyebabkan kerusakan pada sel otak. 

Sumber Asam folat: sayuran hijau, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sereal gandum.

5. Vitamin E

Berperan kemampuan tubuh dalam melawan radikal bebas yang bisa merusak sel tubuh dan menyebabkan berbagai gangguan otak. Misalnya degeneratif Alzheimer. 

Syumber Vitamin E: Kacang almond, hazelnut, tepung gandum, minyak jagung, dan sayuran hijau, adalah beberapa contoh makanan yang memiliki kedua jenis tokoferol dari vitamin E, yaitu antioksidan yang berguna melawan radikal bebas.

6. Vitamin C

Merupakan antioksidan penting yang dapat melindungi otak dari radikal bebas. Vitamin ini dipercaya juga dapat membantu mencegah penyakit alzheimer dengan cara melawan penumpukan zat yang menyebabkan Alzheimer.

Sumber : brokoli, jeruk dan stroberi.

7. Asam lemak omega-3

Merupakan nutrisi penting dalam perkembangan otak. Akibat kekurangan asam lemak omega-3 diduga dapat menyebabkan penurunan fungsi kognitif otak dan meningkatkan risiko gangguan mental, misalnya depresi, gangguan bipolar, disleksia, ADD (attention deficit disorder), dan skizofrenia.

Sumber Asam lemak omega-3 bisa didapat dari: ikan salmon, buah kiwi, biji rami, dan kenari.

omega 3

______________________________

By Emris Abe

Topik Yang Sesuai

Kerusakan Otak Akibat Nonton Video Porno

Share Button

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *