Les Privat Untuk TK

Les Privat Untuk TK umunya yang diminta adalah belajar baca tulis. Kenapa? Karena begitu masuk kelas 1  walaupun sekarang tidak ada tes baca tulis, namun tidak sedikit yang sudah bisa baca. Jika anak kita belum bisa baca, minder sama temannya yang sudah bisa baca. Selain itu ia menjadi tertinggal dalam penguasaan materi. ketika temannya yang sudah bisa baca sedang memahami isi bacaan, sementara yang belum bisa baca, baru belajar membaca.

Mengajari anak membaca memang perlu kesabaran dan kehati-hatian. Mengajar membacapun perlu dibawakan dengan cara yang menyenangkan bagi anak. Karena jika tidak, anak malah enggan untuk belajar. Lalu ibu yang mengajaripun terkadang terpancing untuk memaksanya. Kondisi ini lalu menjadi lebih buruk ketika Ibu menjadi tidak sabar (baca: marah). Memang sih sepertinya wajar menjadi marah, karena ibu banyak yang harus diselesaikan. Namun kemarahan Ibu terkadang jadi tidak terkontrol, anak dibentak .. dan seterusnya. Padahal ada beberapa penelitian yang mengungkap bahayanya membentak anak, karena bisa berakibat kerusakan jarigan saraf di otak anak.

Beberapa orang tua (ibu) bercerita, ia terpaksa mencubit, bahkan memukul putra/putri kesayangannya lantaran saat belajar baca tidak bisa-bisa. Perlakuan diluar kontrol ini bisa berakibat tidak baik, alih-alih buah hati kita menjadi pintar malah berakibat adanya gangguan otak. Memang efeknya tidak terlihat langsung, namun bisa muncul beberapa waktu kemudian.

Les Privat Untuk TK

Untuk orang tua (terutama Ibu) yang sibuk, ada baiknya mendatangkan pembimbing khusus. Hal ini untuk menghindari adanya hubungan yang menjadi tidak "harmonis" Ibu dan anak. Biarkan pengajar privat yang mengajari baca tulis. Pastikan juga bahwa pengajar tersebut memiliki back ground pendidikan dari PGTK misalnya. Pengajar dari PGTK (Pendidikan Guru Taman kanak-kanak) tentunya lebih memahami kondisi anak. Karena mereka sudah mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan pada usia dini.

Namun tentu saja Ibu tetap mengontrol proses belajar mengajar tersebut. Bahkan jika perlu untuk sesekali ikut menyelingi  "mengajari" sekedar umengetahui kemajuannya. Tentu situasinya akan berbeda, ketika ibu sebagai pengajar tunggal, dengan saat ibu hanya sekedar mengajarinya sebagai selingan. Jadi jika pengajar privat 3x  dalam seminggu,sementara ibu cukup 2x dalam seminggu.

Lembaga Privat

Untuk mendapatkan pengajar privat baca tulis Ibu tinggal menghubungi lembaga atau sekretariat penyedia guru privat ke rumah. Berhubungan dengan lembaga, ada banyak keuntungan, diantaranya: mereka merekrut pengajar melalui serangkaian seleksi. Umumnya tersedia pengganti jika pengajar bersangkutan berhalangan atau siswa menghendaki penggantian pengajar. Dan yang terpenting ada kontrol dari pihak lembaga terutama terkait dengan data-data pengajar tersebut dan ini terkait dari sisi keamanan dan kenyamanan. Pihak siswapun dapat menyampaikan keluhan (jika ada) tentang pengajar, cara mengajar, dan lain-lain melalui lembaga. Dengan demikian hubungan orang tua-pengajar-siswa selalu nyaman.

______________

Biaya Privat

 

 

Share Button

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *