Hormon Melatonin Pada Manusia

hormon melatonin

Hormon melatonin diproduksi oleh kelenjar pineal di dalam otak. Hormon ini memiliki peranan paling penting dalam regulasi fungsi biologis tubuh. Beberapa penyakit bisa berubah status non aktif jika hormon melatonin  diproduksi. Sayangnya untuk memproduksi hormon ini, sangat susah. Hormon ini diproduksi palng banyak pada pukul 02:00 sampai dengan 04:00 dini hari. Hormon ini paling sensitif terhadap rangsangan cahaya. Itulah alasannnya mengapa hormon ini hanya bisa di produksi pada malam hari saja. Pada saat, seseorang tidur dalam keadaan gelap tanpa cahaya sedikit pun, serta tidur dalam keadaan nyenyak. Saat seperti itu adalah keadaan non aktif yang paling sempurna.  Saat itulah kelenjar pineal memproduksi hormon melatonin. Ini merupakan proses produksi paling maksimal. Namun bisa tiba tiba berhenti, jika ada sedikit cahaya yang masuk merusak produksinya.

Matikan lampu saat hendak tidur

Hormon Melatonin

Hindari Tidur Larut Malam

   

Berikut adalah Fungsi hormon melatonin:

  • Memperlancar aliran darah ke Otak, Jantung dan seluruh tubuh

Hormon melatonin bekerja memperlancar sistem peredaran darah. Semakin lancar aliran darah, maka kemungkinan terkena penyakit yang berhubungan dengan sistem regulasi juga semakin minim. Misalnya resiko serngan stroke, akibat terganggunya pasokan darah ke otak. Atau terjadi jantung koroner, ketika terhambatnya pasokan darah ke jantung.

  • Regulator hormon lain

Hormon melatonin adalah hormon yang paling handal dalam mengatur kinerja hormon hormon lainnya. Karenanya  di namakan sistem regulator pusat tubuh manusia.

  • Menjaga keteraturan dan stabilitas metabolisme sel

Mengatur sistem metabolisme tubuh. Kadang kala sistem metabolisme berjalan tidang sesuai dengan semestinya. Maka hormon melatonin menormalkan dan menstabilkan kinerja sel dalam metabolisme.

  • Mempertahankan fungsi efisiensi sel

Mengatur kinerja sel yang ada di dalam tubuh, mengontrol keefisiensi dari kinerja sel. Sehingga setiap sel memiliki tugas yang pas sesuai dengan kemampuannya. Hormon melatonin bisa mempertahankan dan tetap menjaga kinerja sel dalam tubuh.

  • Menjaga kesehatan sel

Menjaga kesehatan sel, membuat sel tubuh tetap sehat dan memiliki masa hidup lama. semakin keadaan sel sehat, maka semakin baik kualitas sel. Jika kualitas sel baik dan sehat, maka secara tidak langsung anda menambah umur panjang.

  • Membantu menurunkan temperatur tubuh

Menurunkan temperatur tubuh  pada saat anda tidur jika temperatur tubuh naik saat tidur.

  • Membantu menurunkan kadar kolestrol

Hormon melatonin membantu menurunkan kadar kolestrol yang ada di dalam tubuh. Dalam tubuh manusia, terdapat 2 jenis kolestrol yaitu  LDL dan HDL. Yang berbahaya untuk tubuh adalah LDL.

Mengingat fungsinya, dan waktu diproduksinya hormon ini, maka inilah salah satu alasan tidur larut malam   tidak baik untuk kesehatan. Dan inilah jawabannya kenapa tidur dengan mematikan lampu (tanpa cahaya) sangat baik untuk kesehatan.

__________________

By Emris Abe

Kurang Tidur Berdampak Buruk Pada Otak

 

Share Button

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *