Ciri-ciri Orang Cerdas Dari Sudut Pandang Psikologi

ciri orang cerdas

Ciri-ciri orang cerdas menurut  beberapa psikologi, satu tulisan yang dirangkum dari berbagai sumber. Tulisan ini dapat dijadikan sebagai salah satu rujukan atau pembanding apakah kita, anak kita, atau seseorang dianggap cerdas? Tentu banyak referensi dan pendapat dari banyak para ahli yang mungkin berbeda. Dan pada tulisan ini pun kita coba menyimak 2 referensi dalam tulisan dan video, dari sumber yang berbeda. Berikut ciri-ciri orang cerdas:

Mudah Beradaptasi

Orang cerdas memiliki kemampuanyang baik dalam beradaptasi. Dengan intelegensi yang cukup tinggi, ia  memiliki fleksibilitas dan kemampuan menyesuaikan diri. Ia mudah beradaptasi pada berbagai perbedaan yang ada pada lingkungannya. Ia tidak membatasi diri pada lingkungan sosialnya.

Rasa ingin tahu yang Kuat

peneliti

Orang cerdas biasanya memiliki rasa penasaran yang begitu tinggi, apalagi pada hal-hal yang belum diketahuinya. Karena didorong rasa penasaran yang tinggi, maka terkadang membuatnya dapat menemukan hal-hal yang luar biasa. orang-orang yang cerdas biasanya banyak bertanya karena ingin mengetahui suatu hal secara mendalam.

Tidak Mudah Percaya dan Selalu Menyelidiki Dahulu

Orang cerdas tidak gampang percaya dengan informasi-informasi yang belum pasti, sehingga mereka lebih senang menyelidikinya terlebih dahulu. Mereka memiliki keingintahuan untuk membuktikan hal-hal yang didengarnya. Mereka lebih menggunakan logika ketika menerima sebuah informasi.

 Ciri-ciri orang cerdas berani melakukan hal baru

Orang orang cerdas memiliki keberanian utnuk bisa melakukan hal baru dan tidak takut melakukan kesalahan. Meskipun akhirnya mereka melakukan sebuah kesalahan, maka mereka tidak akan gengsi untuk mengakui kesalahannya tersebut.

Mampu Belajar Dari Setiap Kegagalan

Keberaniannya dalam mencoba berbagai hal baru membuat mengalami beragam kegagalan. Namun kegagalan yang terjadi tidak lantas membuatnya menyerah dan putus asa. Mereka akan terus belajar dari kegagalan yang ada untuk membuatnya menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Open Minded

open minded

Orang orang yang cerdas tidak akan menutup dari ide serta pemikiran baru yang ada di sekitarnya. Mereka terbuka, menerima, serta mempertimbangkan pendapat orang lain dengan pola pikirnya yang terbuka juga. Namun meskipun mereka terbuka pada pandangan orang lain, namun mereka juga berhati-hati dengan ide dari orang lain tersebut.

Senang Menyendiri

Kebanyakan dari orang-orang cerdas memang senang menyendiri dibandingkan bersosialisasi dengan orang lain di lingkungannya. Bukan berarti mereka tidak ingin menyatu dengan lingkungannya, tetapi ia merasa lebih menyenangkan memikirkan sesuatu dalam kesendiriannya

 Tidak Asal Berbicara

Orang cerdas tidak akan asal dalam berbicara, bahkan mereka cenderung untuk berpikir terlebih dahlu sebelum membicarakannya. Mereka akan memastikan jika yang dikatakannya adalag benar, bermanfaat, dan tidak akan menyakitkan orang lain. Mereka juga mengerti kapan waktu yang tepat untuk tidak berbicara dan tidak. Jika tidak bermanfaat, maka mereka akan lebih memilih untuk diam.

Memiliki Kemampuan Mengatasi Masalah

Orang cerdas rata-rata mampu untuk mengatasi berbagai hal karena kemampuannya dalam merencanakan serta menentukan tujuan hingga mengembangkan berbagai solusi dan strategi alternatif. Mereka juga mampu untuk memikirkan konsekuensi dari hal-hal yang mungkin sudah direncanakannya tersebut.

Kreatif

Orang cerdas senang menghubungkan konsep yang menurut pandangan orang biasa tidak berhubungan. Inilah kenapa orang cerdas cerdas cenderung kreatif.

 

Tanda-tanda orang Jenius,  simak video berikut:

Demikian semoga bermanfaat

__________________________

By: Emris Abe 

 

Share Button