Ingatan Tersimpan Dalam Otak Bagaimana Prosesnya?

ingatan

Ingatan adalah apa yang terbayang dalam pikiran, apa yang tersimpan dalam memori berupa data, objek atau hal tertentu. Objek atau hal tertentu itu tersimpan dalam memory yang dapat “dipanggil” atau diingat saat dibutuhkan. Atau terpanggil saat mendapat stimulus oleh objek atau hal lain yang berhubungan. Data yang kemudian tersimpan dalam memory, masuk melalui proses dan tahapan. Berawal dari Memori sensorik, memori jangka Pendek lalu dapat masuk ke  memory jangka panjang.

memory strage modelMemori Sensorik

Saat kita terjaga (sadar/aktif) mata melihat objek nyata, kuping mendengar suara. Bagian tubuh lainnya (indra lainnya) menangkap rasa, bau, dan lain-lain. Objek visual, suara, rasa yang tertangkap indra akan diubah menjadi pesan listrik yang dapat ditransfer dari neuron memasuki memori sensorik.  Tahap ini merupakan tahap pengkodean memori (encoding) dalam waktu kurang dari satu detik sampai beberapa detik.  

Memori Jangka Pendek (Short Term Memory)

Jika pada encoding ada objek menarik atau dianggap penting dan mendapat “perhatian” lebih dari objek lainnya, maka objek tersebut dipindahkan ke memori jangka pendek. Ingatan jangka pendek kapasitasnya terbatas. Metoda Chunking digunakan oleh STM saat menyimpan kelompok informasi yang dapat diakses dan diingat dengan mudah.

Chunking (membagi-bagi dalam potongan) adalah proses saat otak menerima beberapa informasi menjadi 1 (satu) item.  Mengingat sederet nomor (misal) telepon 7353537.  Kita dapat mengelompokkan angka-angka tersebut dalam grup sehingga mempunyai arti.  No telepon tersebut dikelompokan menjadi 735-3537. 735 adalah no yang menunjukan wilayah Bintaro, 3537 dapat dibuat pengertian apa saja yang mudah untuk diingat. Misal untuk 3537, diartikan sebagai 2 urutan bilangan ganjil sesuai kode bintaro, 35 dan 37.

Memori Jangka Panjang (Long Term Memory)

Untuk menyimpan objek (data) dari Short Term Memory (STM) ke Long Term Memory (LTM) dapat dilakukan melalui pengulangan-pengulangan. Koneksi emosional atau koneksi fisik yang kuat,  seringkali merupakan cara termudah bagi seseorang untuk memindahkan ingatan dari STM ke LTM.

Sebelum masuk ke ingatan jangka panjang, informasi yang telah disaring pada ingatan jangka pendek, dilakukan proses semantic atau imagery coding. Proses semantik ketika kita berupaya memahami (memberi kode atau makna) pada setiap kata atau bahasa. Imagery coding adalah proses membayangkan (memvisualisasikan) sesuatu yang tidak ada (pada saat membayangkan).

Memori jangka panjang (long term memory) adalah suatu memori atau ingatan yang bersifat permanen, artinya informasi yang disimpan sanggup bertahan dalam waktu yang sangat panjang. Kapasitas yang dimiliki ingatan jangka panjang ini tidak terbatas. Memori jangka panjang adalah gundangnya informasi yang dimiliki oleh manusia. Ingatan jangka  panjang berisi informasi dalam kondisi psikologis masa lampau, yaitu semua informasi yang telah disimpan, tetapi saat ini tidak dipikirkan.

Informasi yang disimpan dalam ingatan jangka panjang diduga dapat bertahan dalam waktu yang panjang bahkan selamanya. Kehilangan ingatan pada memori jangka panjang hanya dimungkinkan apabila seseorang mengalami kerusakan fungsional dari sistem ingatannya.

_______________

By: Emris Abe

Otak Anugrah Terbesar

Share Button