Membangun Kecerdasan Dengan Mengoptimalkan Kinerja Otak

Membangun Kecerdasan

Setiap anak lahir dan dianugrahi otak normal, ia memiliki potensi kecerdasan. Lalu bagaimana membangun kecerdasan potensial itu agar menjadi Power of Life?

Kecerdasan erat kaitannya dengan fungsi otak, organ tubuh sebagai pusat pengendali aktfitas tubuh. Karenanya kinerja otak berkorelasi dengan kecerdasan dan ini menggambarkan kualitas dan perfoma seseorang sebagai  human being.

Mengoptimalkan Fungsi Otak

Membangun kecerdasan berarti melakukan upaya mengoptimalkan fungsi otak, agar lebih  efektif, efesien dan berkesinambungan. Karenanya perlu memperhatikan apa  yang harus dilakukan, dan apa yang tidak boleh dilakukan agar bisa optimal.

Kita mengagumi cara kerja dan fungsi komputer. Ternyata otak kita memiliki fungsi yang jauh lebih hebat, dengan kerja  lebih rumit dan kompleks. Para ahli terus melakukan penelitian untuk menyibak misteri kehebatan otak manusia. Dengan otaknya manusia lebih kreatif dan inovatif. Bayangkan, dari manusia primitif yang tinggal di goa-goa, dengan kreatifitasnya kini mampu membangun "pencakar langit". Lebah dengan otaknya dari dahulu hingga kini, tempat tinggalnya tetap bentuk segi enam, tidak ada perubahan.  Lalu apa yang membedakan otak binatang dan manusia?  

Processor

processor

Prosesor pada komputer, merupakan "otak" yang menjalankan proses dan pengendali kerja komputer. Satuan kecepatan dalam Prosesor adalah Mhz (Mega Heartz) atau Ghz (Giga Heartz). Semakin besar kecepatan suatu Prosesor maka  kinerjanya semakin cepat.  Saat ini processor Intel mendominasi pasar computer di dunia karena hampir semua PC menggunakan microprocessor Intel. Proccessor dari waktu kewaktu terus dikembangkan dalam upaya meningkatkan kinerja dan efesiensi energi. Sekilas perkembangannya, tahun 1971 diproduksi processor pertama, Intel Processor 4004, dibuat oleh Perusahaan Intel, Pentium I (dipasarkan 1993)  merupakan penerus dari prosesor 486,  Pentium II (1997), Intel Pentium III (1999), Pentium IV (thn 2000), Core 2 duo (2006) lalu dikembangkan lagi, generasi penerusnya,…Core i7. Generasi Processor tertinggi adalah Intel Core i9 hadir Juni 2017 lalu.

Sebagai ‘otak’ dari sebuah sistem komputasi, processor merupakan sesuatu yang sangat vital, fundamental dan penting sehingga menjadi salah satu yang dipertimbangkan secara serius. Tak heran apabila spesifikasi processor kerap ditampilkan sebagai yang utama dalam informasi produk yang menggunakan processor.

Otak Manusia

otak manusia

Otak manusia diciptakan dengan spesifikasi yang relatif sama dalam satu generasi peradaban (ratusan tahun).  Beda dengan spesifikasi processor yang dibuat beda. Dengan demikian setiap orang memiliki potensi kecerdasan yang sama pula. Namun otak yang merupakan organ tubuh yang senantiasa tumbuh dan berkembang maka pertumbuhan perkembangan inilah yang kemudian menentukan kualitasnya. Pertumbuhan otak (regenerasi sel) dipengaruhi oleh asupan nutrisi untuk tumbuh. Otakpun mendapat stimulus dari rasa, emosi, dan hal yang bersifat kognitif, lalu karenanya otak berkembang dan berfungsi sebagai power of life. Maka pola hidup (pola makan, pola pikir, termasuk pola tidur) turut menentukan kinerja serta kualitas otak.

____________________

Renungan:

Kenapa A lebih pintar daripada B saat menyelesaikan masalah?

Dengan asumsi bahwa setiap manusia memiliki otak dengan spesifikasi yang relatif sama. Maka kemungkinan terbesar, karena A lebih banyak memanfaatkan waktunya untuk mempelajari masalah tersebut, sehingga A lebih menguasai hal tersebut.  .  

Kadang kita mengagumi kepintaran seseorang, karena ia bisa menyelesakan masalah sementara kita tidak bisa.  Kemudian kita menyimpulkan ia lebih pintar, lebih cerdas dibandingkan dengan kita.


Albert Einstein (fisikawan paling berpengaruh abad XX) berkata:

einstein

"It’s not that I’m so smart, it’s just that I stay with problems longer."

"Bukan karena aku terlalu pintar, itu karena aku lebih mencurahkan banyak waktu mempelajari masalahnya."

_____________________________________

Penulis:  Emris Abe

 

Topik Terkait (klik link berikut):

Tentang Otak Manusia

Proses Penyimpanan Ingatan

Membentak Merusak Sel Otak

Musik Ini Meningkatkan Kecerdasan

Olah Raga ini Mendukung Kinerja Otak

Kurang Tidur Ternyata Merusak Otak

 

Topik lain yang terkait dapat dibaca pada kategori:

Otak dan Artikel Kecerdasan

 

 

 

Share Button

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *