Titanic 2 Siap Berlayar Tahun 2022

titanic

Titanic 2, sebuah replika kapal Titanic direncanakan  siap berlayar 2022. Rute yang ditempuh persis saat tenggelam tahun 1912. Dari Southampton di Inggris menuju ke New York, Amerika Serikat. Blue Star Line (sebuah perusahaan kapal pesiar dari Australia)  telah mendesign semirip mungkin dengan yang asli. Sebuah kapal pesiar super mewah di zamannya. Mulai ukuran sampai kapasitas, semuanya dibuat sama. Kapal ini menampung hingga 2.400 orang penumpang dan juga 900 orang kru kapal. Panjangnya kapal mencapai 269 meter. Identik dengan kapal Titanic asli. (sumber pemberitaan media online).

Sungguh sayang, nasib kapal mewah ini tak semegah penampakannya. Kapal ini bernasib tragis setelah karam akibat menabrak gunung es. Setelah meninggalkan Southampton pada 10 April 1912, Titanic berhenti di Cherbourg, Perancis dan Irlandia sebelum berlayar ke barat menuju New York. 14 April 1912, empat hari pasca pelayaran, tepatnya 375 mil di selatan Newfoundland, kapal menabrak sebuah gunung es pukul 23:40 (waktu kapal; UTC-3). Tabrakan ini mengakibatkan pelat lambung melengkung ke dalam di sejumlah tempat di sisi kanan kapal dan mengoyak lima dari enam belas kompartemen kedap airnya. Selama dua setengah jam selanjutnya, kapal perlahan terisi air dan tenggelam.

Kisah ini diangkat menjadi film box office berjudul TITANIC, yang dibintangi oleh Leonardo di Caprio dan Kate Winslet. Film ini juga dinobatkan sebagai film terlaris sepanjang masa selama 12 tahun hingga awal 2010.

Titanic dan Bencana Maritim Mematikan

Kapal penumpang super Britania Raya yang tenggelam di Samudra Atlantik setelah menabrak sebuah gunung es mengakibatkan kematian sebanyak 1.514 orang dalam salah satu bencana maritim masa damai paling mematikan sepanjang sejarah. Merupakan kapal terbesar di dunia pada pelayaran perdananya. Satu dari tiga kapal samudra kelas Olympic dioperasikan oleh White Star Line. Kapal ini dibangun pada 1909 sampai 1911 oleh galangan kapal Harland and Wolff di Belfast. Kapal ini sanggup mengangkut 2.224 penumpang.

Para penumpangnya terdiri dari sejumlah orang terkaya di dunia. Lebih dari seribu emigran dari Britania Raya, Irlandia, Skandinavia, dan negara-negara lain yang mencari kehidupan baru di Amerika Utara. Kapal ini dirancang senyaman dan semewah mungkin, dengan dilengkapi gimnasium, kolam renang, perpustakaan, restoran kelas atas dan kabin mewah. Kapal ini juga memiliki telegraf nirkabel mutakhir yang dioperasikan untuk keperluan penumpang dan operasional kapal. Meski Titanic mempunyai perlengkapan keamanan yang maju seperti kompartemen kedap air dan pintu kedap air yang bisa dioperasikan dari jarak jauh, kapal tersebut tidak memiliki sekoci yang cukup, hanya mampu menampung 1.178 penumpang,  sepertiga dari total penumpang dan awak kapalnya.

Para penumpang dan sejumlah awak kapal diungsikan ke dalam sekoci, kebanyakan sudah diluncurkan dalam keadaan setengah penuh. Banyak pria dalam jumlah yang tidak sepadan – hampir 90% di Kelas Dua – ditinggalkan karena para petugas yang memuat sekoci mematuhi protokol "wanita dan anak-anak dahulu". Tepat sebelum pukul 2:20, Titanic patah dan haluannya tenggelam bersama seribu penumpang di dalamnya. Orang-orang di air meninggal dalam hitungan menit akibat hipotermia karena bersentuhan dengan samudra yang sangat dingin.710 penumpang selamat diangkat dari sekoci oleh RMS Carpathia beberapa jam kemudian.

Bangkai kapal di dasar laut, perlahan hancur di kedalaman 12415 feet (3784 m). Sejak ditemukan kembali pada tahun 1985, ribuan artefak diangkat dari dasar laut dan dipamerkan di berbagai museum di seluruh dunia. Titanic telah menjadi salah satu kapal ternama dalam sejarah. Keberadaannya terus diingat oleh sejumlah buku, film, pameran, dan tugu peringatan.

__________________

By Emris Abe

Gedung Tertinggi Di Dunia

Pesawat Tempur Tercanggih

Membangun Kecerdasan

 

Share Button

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *