Albert Einstein Ilmuwan Terbesar Abad ke 20

albert einstein

Albert Einstein adalah ilmuwan terbesar abad ke-20. Ia mengemukakan teori relativitas. Banyak menyumbang bagi pengembangan mekanika kuantum, mekanika statistika, dan kosmologi. Dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Fisika pada tahun 1921 untuk penjelasannya tentang efek fotolistrik dan "pengabdiannya bagi Fisika Teoritis”. Setelah teori relativitas umum dirumuskan, Einstein menjadi terkenal ke seluruh dunia, pencapaian yang tidak biasa bagi seorang ilmuwan. Popularitasnya melampaui ketenaran semua ilmuwan dalam sejarah. Nama Einstein seolah bersinonim dengan kecerdasan, bahkan genius. Wajahnya salah satu yang paling dikenal di seluruh dunia. Albert Einstein, Tokoh Abad Ini (Person of the Century). Tahun 1999 dinamakan "Tokoh Abad Ini" oleh majalah Time. Untuk menghargainya, sebuah satuan dalam fotokimia dinamai einstein, sebuah unsur kimia dinamai einsteinium, dan sebuah asteroid dinamai 2001 Einstein. Rumus Einstein yang paling terkenal adalah E=mc².

Einstein Kecil

Einstein dilahirkan di Ulm di Württemberg, Jerman 14 Maret 1879. Bapaknya, Hermann Einstein, seorang penjual ranjang bulu yang kemudian menjalani pekerjaan elektrokimia. Keluarganya keturunan Yahudi; Atas keinginan ibunya dia diberi pelajaran biola. Pada usia lima tahun, ayahnya menunjukkan kompas kantung. Einstein menyadari bahwa sesuatu di ruang yang "kosong" ini beraksi terhadap jarum di kompas tersebut.  Ia kemudian menjelaskan pengalamannya ini sebagai salah satu saat yang paling menggugah dalam hidupnya. Meskipun ia hobi membuat model dan alat mekanik, dia dianggap sebagai pelajar yang lambat. Kemungkinan disebabkan oleh dyslexia, sifat pemalu, atau karena struktur yang tidak biasa pada otaknya. Diketahui setelah diteliti ssaat kematiannya.

Gelar Doktor dari Zurich Univ.

Albert Einstein, mendapatkan gelar Doktor pada tahun 1905 dari Universitas Zürich. Pada tahun yang sama dia menulis empat artikel yang memberikan dasar fisika modern. Yang membuat thesisnya luar biasa adalah, dalam setiap kasus, Einstein dengan yakin mengambil ide dari teori fisika ke konsekuensi logis dan berhasil menjelaskan hasil eksperimen yang membingungkan para ilmuwan selama beberapa dekade. Persatuan Fisika Murni dan Aplikasi (IUPAP) merayakan 100 tahun publikasi karya Einstein. Dan tahun 1905 sebagai Tahun Fisika.

Einstein Dan Musik

Einstein menulis: "Jika saya bukan seorang fisikawan, saya mungkin akan menjadi musisi. Saya sering berpikir dalam musik. Saya menjalani lamunan saya di musik. Saya melihat hidup saya dalam hal musik… saya mendapatkan sebagian besar sukacita dalam hidup dari musik.”

Einstein mulai bermain musik saat ia berusia 5 tahun. Ketika ia berumur 13 tahun, ia  “jatuh cinta" dengan musik Mozart lalu ia belajar musik sendiri. Pada usia 17 tahun, ia memainkan sonata biola Beethoven dengan luar biasa.  Musik memiliki arti yang luar biasa baginya.

Sesaat Einstein Meninggal

Einstein meninggal 18 April 1955, setelah mengalami pendarahan internal pada  perutnya. Einstein menolak operasi, ia mengatakan: "Saya ingin pergi ketika saya ingin. Hambar untuk memperpanjang hidup secara artifisial. Saya telah melakukan bagian saya, sekarang saatnya untuk pergi. Aku akan melakukannya dengan elegan”. Ia meninggal di Rumah Sakit Princeton, Amerika pada usia 76, setelah terus bekerja sampai mendekati akhir hayatnya.

Selama autopsi, ahli patologi dari Rumah Sakit Princeton, Thomas Stoltz Harvey, mengambil otak Einstein untuk pengawetan. Ini dilakukan dengan harapan bahwa ilmu saraf masa depan akan mampu menemukan apa yang membuat Einstein begitu cerdas.

Fisikawan nuklir, Robert  Oppenheimer, dalam pidatonya pada peringatan Einstein, mengungkapkan kesan pribadinya tentang Einstein: "Dia hampir seluruhnya tanpa kecanggihan dan sepenuhnya tanpa keduniawian … Selalu ada bersamanya kemurnian, indah sekaligus kekanak-kanakan dan keras kepala luar biasa.

Einstein bahkan telah menjadi inspirasi bagi banyak novel, film, drama, dan karya-karya musik. Model favorit bagi penggambaran ilmuwan gila dan profesor absent-minded; wajahnya yang ekspresif dan gaya rambutnya yang khas telah banyak disalin bahkan dilebih-lebihkan.

_____________________

By Emris Abe

Share Button