Menggunakan Logika Saat Membuat Kesimpulan

logika

Logika adalah salah satu topik dalam materi pembelajaran matematika. Materi Logika ini menjadi sangat penting sebagai landasan bagaimana cara mengambil kesimpulan yang benar. Lalu atas dasar kesimpulan itulah kita menentukan, memilih, membuat, satu keputusan atau suatu pernyataan.  Dengan memahami logika, maka kitapun dapat menilai tentang benar atau salahnya pernyataan atau kesimpulan yang diungkap seseorang.

Pernyataan dalam logika matematika adalah sebuah kalimat yang di dalamnya terkandung nilai-nilai yang dapat dinyatakan “benar” atau “salah”. Kalimat tersebut tidak mengandung keduanya (salah dan benar). Sebuah kalimat tidak bisa kita nyatakan sebagai sebuah pernyataan jika tidak bisa ditentukant benar atau salah atau bersifat relatif. Pada logika matematika di kenal dua jenis pernyataan, yaitu pernyataan tertuutp dan terbuka. Pernyataan tertututp adalah pernyataan yang sudah bisa dipastikan nilai benar-salahnya. Pernyataan terbuka adalah pernyataan yang belum bisa dipastikan nilai benar salahnya.

Logika Dalam Ilmu Filsafat

Logika berasal dari kata logos (yunani), yang bermakna hasil nalar yang diutarakan dalam kata dan dinyatakan dalam bahasa. Logika merupakan salah satu cabang ilmu filsafat. Cabang filsafat yang lain adalah epistemologi, etika, dan estetika. Logika digunakan untuk belajar bernalar sebagai kecakapan hidup, berpikir secara lurus, tepat, runtut, dan teratur, dalam kehidupan keseharian.

Manfaat mempelajari logika antara lain:

Menjaga agar  berpikir benar dengan menggunakan asas-asas sistematis. Membuat daya pikir menjadi lebih tajam, dan menjadikannya lebih berkembang. Terbiasa berpikir cermat, objektif, dan efektif dalam berkomunikasi. Meningkatkan cinta kebenaran dan menghindari kesesatan bernalar.

Dlam filsafat  untuk penarikan kesimpulan dikenal pola nalar deduktif dan induktif:

 Cara deduktif, penarikan kesimpulan dari pernyataan  umum, untuk menyimpulkan tentang hal khusus.

  • Pernyataan Umum : Semua makhluk hidup akan mati.
  • Pernyataan Khusus : Kucing adalah makhluk hidup
  • Kesimpulan : Kucing akan mati.

Cara Induktif , penarikan kesimpulan dari pernyataan-pernyataa khusus menjadi kesimpulan umum.

  • Khusus : Ebil rajin belajar, ia mendapat hasil yang memuaskan.
  • Khusus : Jasmine rajin belajar, ia mendapat hasil yang memuaskan.
  • Khusus : Yuda rajin belajar, ia mendapat hasil yang memuaskan.
  • Kesimpulan : Anak yang rajin belajar akan mendapatkan hasil yang memuaskan.
  • Catatan: Penarikan kesimpulan cara induktif ini tentu harus sangat berhati-hati. Hanya bersandar pada satu pernyataan atau satu peristiwa, atau hanya beberapa kasus, dibuat sebagai kesimpulan yang berlaku umum, ini memungkinkan menghasilkan kesimpulan yang tidak benar dan menyesatkan. Maka dalam kajian ilmiah (penelitian) yang didasarkan pada hal-hal khusus, perlu menggunakan metoda peneleitian tertentu. Lalu hal-hal khusus tersebut dianggap sebagai sample dari satu populasi. Tentunya jumlah sampel, sebaran sampel dan cara pengambilannya, mengikuti aturan empiris yang baku.

 

Penarikan Kesimpulan

Penarikan Kesimpulan pada logika matematika  dapat dilakukan dengan menelaah premis atau pernyataan-pernyataan yang kebenarannya telah dketahui. Maka penarikan kesimpulan dapat melauli Modus Ponens, Modus Tollens, dan silogisme. Mudus Ponens: jika pernyataan 1 berimplikasi dengan pernyataan 2 bernilai benar, dan pernyataan 2 bernlai benar maka pernyataan 2 dianggap menjadi kesimpulan. Modus Tollens: jika pernyataan 1 berimplikasi dengan pernyataan 2 bernilai benar, dan negasi pernyataan 2 bernilai benar maka negasi pernyataan 1 juga benar dan dianggap sebagai kesimpulan. Silogisme: jika pernyataan 1 berimplikasi dengan pernyataan 2 bernilai benar.  Pernyataan 2 berimplikasi dengan pernyataan 3 juga bernilai benar. Maka pernyataan 1 berimplikasi dengan pernyataan 3 pun benar dan dinyatakan sebagai kesimpulan.

Demikian sebagai pengatar mempelajari Logika Matematika.

_______________________________________

Penulis : Emris

Artikel Terkait

Teori Kebenaran

Artikel Baru

  1. Eksplorasi Minyak Bumi
  2. Box Girder Untuk Fly Over
  3. MRT Jakarta
  4. El nino dan La Nina
  5. Terumbu Karang
  6. On My Way Alan Walker
  7. Tenggelamnya Kapal Vander Wijck
Share Button