Quick Count dan Real Count KPU

quick count

Qick Count

Quick count adalah metode hitung cepat dengan mengambil tempat pemungutan suara (TPS) sebagai sampel. Basis respondennya adalah formulir C1 plano, alias hasil perhitungan suara di TPS yang menjadi sampel.

Metodologi quick count yaitu statistika. Teknik penarikan sampel (sampling) yang diambil dihitung sehingga diyakini mewakili jumlah dan sebaran jumlah TPS dan dapil keseluruhan. Quick count mendata angka yang didapat dari C1 dari TPS yang menjadi sampel Level keyakinan dan margin of error mempengaruhi hasil hitung cepat memakai quick count. Tingkat kepercayaan yang lazim untuk quick adalah 95 persen dan 99 persen.

Nilai margin of error ini adalah rentang kesalahan yang mungkin terjadi. Artinya nilai yang didapat bisa bertambah sampai dengan angka margin itu, atau malah sebaliknya berkurang hingga sebanyak margin of error itu.

Proses Real Count KPU

Usai pemungutan suara langsung dilakukan penghitungan suara. Seluruh proses di TPS ini diikuti oleh saksi dari kedua kandidat serta pengawas pemilu lapangan. Hasil penghitungan suara di TPS dituangkan dalam formulir C1 yang kemudian didapat juga oleh para saksi dari kedua pasangan calon. Ada C1 berhologram yang dimasukkan ke dalam kotak suara lalu disegel dan akan dibawa ke tingkat desa/kelurahan untuk dilakukan rekapitulasi suara.

Proses rekapitulasi suara di tingkat desa atau kelurahan oleh Panitia Pemungtuan Suara (PPS). PPS akan merekap perolehan suara dari semua TPS yang berada di kelurahannya mengacu pada formulir C1. Proses rekap ini diikuti saksi dan pengawas pemilu.

Setelah proses rekapitulasi selesai, PPS akan membuatkan berita acara hasil penghitungan yang dituangkan dalam formulir model D dan sertifikat hasil rekapitulasi model D1 yang menunjukkan perolehan suara kedua kandidat di tingkat desa/kelurahan. Formulir D dan D1 itu dibawa ke tingkat kecamatan.

Proses rekapitulasi suara berlanjut di tingkat kecamatan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). PPK akan merekap hasil penghitungan suara di semua desa atau kelurahan yang berada di bawahnya mengacu pada berita acara hasil (form D) yang dibawa oleh PPS. Proses rekapitulasi ini diikuti oleh saksi kedua kandidat dan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam).

Hasil rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kecamatan akan dituangkan dalam berita acara yang disebut formulir model DA dan sertifikat model DA1. Keduanya lalu dibawa ke tingkat Kabupaten/kota.

Proses rekapitulasi suara berlanjut di tingkat Kabupaten/Kota oleh KPU Kabupaten/Kota. KPU Kab/kota akan merekap hasil perolehan suara kedua kandidat di semua kecamatan, mengacu pada hasil yang tertuang dalam formulir DA. Proses ini disaksikan saksi kedua kandidat dan Panwaslu.

Hasil rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kabupaten/kota akan dituangkan dalam berita acara yang disebut formulir model DB dan sertifikat model DB1. Keduanya lalu dibawa ke tingkat provinsi.

Proses rekapitulasi suara dilanjutkan di tingkat provinsi oleh KPU provinsi. KPU provinsi akan merekap perolehan suara di tingkat kabupaten/kota yang berada di bawahnya, mengacu pada hasil rekap yang ada di formulir DB. Proses ini disaksikan saksi kedua kandidat dan Bawaslu Provinsi.

Hasil rekapitulasi penghitungan suara di tingkat provinsi akan dituangkan dalam berita acara yang disebut formulir model DC dan sertifikat model DC1. Keduanya lalu dibawa ke tingkat KPU RI.

Proses rekapitulasi tingkat akhir oleh KPU RI. KPU RI akan menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara untuk merekap penghitungan suara di seluruh KPU provinsi mengacu pada berita acara model DC. Proses di tingkat nasional ini akan dihadiri saksi dan Bawaslu RI.

Perbandingan hasil Quick count dan Real Count KPU


 

SCAN C1

Mengantisipasi adanya manipulasi suara, KPU RI melakukan terobosan dengan meminta KPPS membawa satu salinan C1 berisi hasil penghitungan di tingkat TPS ke KPU Kabupaten/kota. KPU Kabupaten/kota akan menscan form C1 di semua TPS lalu mengirimkannya ke KPU RI melalui email atau hard copy langsung ke KPU RI.

Hasil scan form C1 yang sudah berformat Jpg itu akan dipublikasikan oleh KPU RI melalui website KPU, sehingga bisa dilihat oleh semua masyarakat. KPU RI tidak merekap hasil scan C1 tersebut sehingga menjadi semacam tabulasi suara, tapi hanya mempublikasikannya. Manakala ada kecurangan dengan beda hasil antar saksi, scan C1 itu bisa dijadikan rujukan atau perbandingan.

___________________

By Emris

  1. Sampel Pada Penelitian
  2. Rumus Slavin Menentukan Jumlah sampel

Artikel  Otak dan Kecerdasan:

  1. Kompetisi Awal Kehidupan Sebagai Pemenang
  2. Otak Anugrah Terbesar Yang Kita Miliki
  3. Ciri-ciri Orang Cerdas
  4. Mulltiple Intelligences Atau Kecerdasan Ganda
  5. Pengetahuan Sebagai Sumber Kebenaran
  6. Pengetahuan Sesorang Tercermin Pada Prilaku
  7. Menjaga Kineja OtakTetap Prima
  8. Gelombang Otak dan Manfaat Mengenalinya
  9. Ingatan Tersimpan Dalam Otak Bagaimana Prosesnya?
  10. Membangun Kecerdasan Dengan Mengoptimalkan Kinerja Otak
  11. Membentak Merusak Sel Otak Anak
  12. Catur Permainan Melatih Performa Otak
  13. Cokelat Untuk Otak 
  14. Hormon Melatonin Pada Manusia
  15. Kurang Tidur Berdampak Buruk Pada Otak
  16. Olahraga dan Pengaruhnya Pada Kinerja Otak
  17. Musik Mempengaruhi Kecerdasan dan Kinerja Otak
  18. Otak Manusia Membutuhkan ini:

Artikel Universitas dan Sekolah

  1. SNMPTN: Lift Masuk PTN 
  2. Seleksi Masuk PTN 2019
  3. Universitas Indonesia
  4. STAN Poltek Keuangan Negara  
  5. Universitas Pembangunan Jaya
  6. UIN Jakarta
  7. Binus
  8. SMP 177
  9. Seklah RICCI Pondok Aren

Motivasi Dan Inspirasi

  1. Bonus Demografi 2025-2030
  2. Peluang Kerja Hingga 2030
  3. Peran Guru Pada Era Digital
  4. Analisis SWOT

Artikel Pengetahuan Populer:

  1. Pergerakan Lempeng Tektonik Gempa Bumi danTsunami  
  2. Tsunami dan Sistem Peringatan
  3. Mitigasi Bencana Dan Segi Tiga Kehidupan
  4. Pesawat Tempur Tercanggih F22 Raptor
  5. Gedung Tertinggi di Dunia
  6. Daerah Konvergensi Antar Tropik
  7. Sampel Dalam Penelitian

Artikel Tentang Tokoh/Ilmuwan:

  1. Rene Descartes: I Think So I am 
  2. Albert Einstein
  3. Newton

 Artikel Politik

  1. Geo Politik dan Politik Identitas
  2. Pembagian Kekuasaan di Indonesia

Artikel Infotainment

  1. Alan Walker: faded, alone, darkside
  2. Titanic 2 Siap Berlayar
  3.  Michael Jackson: We are the world
  4. Via Vallen: Sayang
  5. Abdul dan Maria Bersaing Raih Juara Indonesian Idol 2018

Artikel Kecantikan 

Eyelash Extensions Teknik Mempercantik Bulu Mata

Share Button

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *