SMA TARUNA NUSANTARA

SMA TARUNA NUSANTARA

sma taruna nusantara

SMA Taruna nusantara

Sejarah

SMA Taruna Nusantara, Ide pembuatan sekolah menengah atas  berbasis semi-militer ini,  dicetuskan oleh Menteri Pertahanan dan Keamanan saat itu, Jenderal LB Moerdani pada tanggal 20 Mei 1985 di Pendopo Agung Taman Siswa Yogyakarta. Ia memiliki visi luhur, yakni untuk membangun sekolah yang mendidik manusia – manusia terbaik dari seluruh Indonesia dan menghasilkan lulusan yang dapat melanjutkan cita-cita para Proklamator. Ide ini diteruskan dengan menandatangani nota kesepakatan antara TNI dan Taman Siswa, yang merupakan organisasi kependidikan pertama di Indonesia, untuk membuat suatu lembaga bernama Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara (LPTTN). Lembaga ini merupakan kristalisasi dari visi Jenderal Moerdani yang selanjutnya mengawasi proses pelaksanaan sekolah ini.

SMA Taruna Nusantara diresmikan oleh Pangab (Panglima Angkatan Bersenjata) saat itu, Jenderal Try Sutrisno pada tahun 1990. Kampus yang menempati lahan seluas 18.5 hektar dan terdiri dari komplek akademis, asrama siswa, dan komplek perumahan pamong (guru), di atas tanah milik Akademi Militer. Selama 6 tahun pertama, Taruna Nusantara hanya menerima laki-laki sebagai siswanya dengan jumlah sekitar 245 orang. Namun mulai tahun 1996, LPTTN membuat kebijaksanaan baru dengan menerima angkatan putri pertama sebanyak 70 orang. Untuk mengakomodasi perubahan ini, area sekolah ini pun diperluas menjadi 23 hektar.

Untuk menarik pemuda-pemudi terbaik dari seluruh strata sosial, LPTTN menawarkan beasiswa penuh kepada pelajar yang diterima dengan dukungan dana dari TNI yang mempunyai latar belakang politik dan keuangan yang kuat. Para tenaga pengajar (pamong) juga mendapat gaji yang di atas rata-rata, serta fasillitas lainnya. Namun, setelah krisis ekonomi dan perubahan politik pada tahun 1997, LPTTN mengalami kesulitan keuangan sehingga pada tahun 2001 menghentikan kebijakan beasiswa penuh ini. Sekarang, pelajar terpilih yang mempunyai kesulitan keuangan tetap mendapatkan beasiswa yang diberikan baik oleh individual, perusahaan, maupun pemerintah daerah.

 

Pofile SMA taruna

LPTTN sebagai unit pengelola SMA TN berkedudukan di Jakarta. Kewajiban dan kewenangan LPTTN menyangkut managemen perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan/pengendalian kegiatan operasional SMA TN. Dalam hal ini LPTTN memiliki kewenangan dalam  managemen personil atau sumber daya manusia (SDM), keuangan, dan material.

Dalam bidang SDM LPTTN menyelenggarakan rekruitmen siswa baru, rekruitmen dan pengelolaan/pembinaan personil (pengurus sekolah, pamong/karyawan sekolah), serta menetapkan keputusan-keputusan mendasar mengenai siswa dan pamong SMA TN, seperti penetapan sanksi berat bagi pelanggaran siswa, pengangkatan dan pemberhentian ikatan kerja personil, kenaikan pangkat dan penghasilan, dll.

Dalam hal managemen keuangan LPTTN merumuskan rencana anggaran belanja sekolah berdasarkan pengajuan SMA TN dengan pertimbangan Komite Sekolah dan YKPP, merumuskan besaran iuran sekolah dan uang pangkal, mencari dan mengelola sumber-sumber keuangan yang sah lainnya untuk mencapai visi, misi, dan tujuan penyelenggaraan pendidikan di SMA TN.

Dalam bidang material LPTTN memiliki kewenangan dalam merencanakan, mengadakan, memelihara, dan meningkatkan perangkat keras berupa sarana prasarana dan fasilitas pendidikan.
Di samping itu, LPTTN juga memiliki kewenangan dalam konsep dasar dan filosofi pendidikan, strategi pendidikan, sistem pendidikan, kurikulum, serta perangkat lunak pembinaan kesiswaan dan ketenagaan (berupa Tri Prasetya Siswa, Kode Kehormatan Siswa, PUDD, Perdupsis, Pedoman Penyelenggaraan Administrasi, dll).

Visi dan Misi

sma taruna nusantara

– V I S I –

  • Sekolah yang membentuk Kader pemimpin bangsa berkualitas dan berkarakter yang berwawasan Kebangsaan, Kejuangan, Kebudayaan, dengan bercirikan kenusantaraan serta memiliki daya saing Nasional maupun Internasional

 

– M I S I –

  1. Menyiapkan kader pemimpin bangsa yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME
  2. Menyiapkan kader pemimpin bangsa yang berkualitas, berkarakter dan berbudaya
  3. Menyiapkan lulusan yang memiliki kesetiaan terhadap Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945
  4. Menyiapkan lulusan yang memiliki potensi kepemimpinan yang bewawasan Kebangsaan, Kejuangan, Kebudayaan, bercirikan kenusantaraan
  5. Menyiapkan lulusan yang memiliki keunggulan komparatif, kompetitif, dan distingtif dalam aspek Akademik, Kepribadian dan Kesamaptaan Jasmani serta kamampuan IPTEK sehingga mempunyai daya saing yang tinggi di tingkat Nasional dan Internasional

 

Persyaratan Pendaftaran Calon Siswa Baru TP. 2019/2020

Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara (LPTTN), selaku Pengelola SMA Taruna Nusantara, menerima Pendaftaran Calon Siswa (Casis) Baru Kelas X  setiap tahunnya, dengan ketentuan sbb:

Persyaratan Umum.

a. Warga Negara Indonesia (WNI), laki-laki dan perempuan.

b. Lulus UN SLTP/setingkat.

c. Berijazah SLTP/setingkat.

d. Tidak pernah tinggal kelas selama di SLTP/setingkat.

e. Nilai rapor semester I s.d. V untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA masing-masing minimal 75 dengan fotokopi rapor SLTP/setingkat semester I s.d. V yang dilegalisir.

f.  Usia maksimal 17 tahun saat masuk pendidikan (bulan Juli).

g. Sehat jasmani dan rohani, tinggi dan berat badan proporsional.

h. Berkelakuan baik dengan surat keterangan dari sekolah.

i.  Persetujuan orang tua/wali, bersedia tinggal di asrama, sanggup mematuhi peraturan sekolah dan memenuhi persyaratan KKM yang ditetapkan SMA Taruna Nusantara.

j. Daftar konversi nilai dan ijazah yang dilegalisasi oleh Kembuddikdasmen untuk sekolah setingkat SLTP luar negeri atau Dinas Pendidikan setempat bagi Casis yang berasal dari SLTP berlatar belakang International school di dalam negeri, serta SLTP kurikulum 2013 dari skala 1-4 menjadi skala 0-100.

k. Membayar uang pangkal, iuran sekolah, iuran komite sekolah dan sumbangan sukarela

 

Waktu dan Tempat Pendaftaran.

a.  Waktu             : Ditentukan kemudian

b.  Tempat           : Ajen Kodam, Ajen Korem dan Kodim setempat.

   
 

Biaya.

a. Biaya pendaftaran : Ditentukan kemudian 

b. Biaya Pemeriksaan Kesehatan dan Psikologi ditentukan kemudian. Casis Beasiswa tidak dikenakan biaya Pemeriksaan Kesehatan dan Psikologi (kecuali Beasiswa Prestasi) ;

c. Seleksi Akademik dan Wawancara tidak dipungut biaya ;

d. Transportasi & akomodasi selama seleksi ditanggung Casis ;

e.  Biaya uang pangkal, uang Komite Sekolah, uang iuran sekolah ditentukan kemudian; sumbangan sukarela sesuai pernyataan; untuk jalur kontribusi khusus menambah biaya kontribusi minimal sebesar ditentukan kemudian.

Cara Pendaftaran.

a. Kategori Iuran Sekolah (IS). Mengisi Formulir No. 01 warna biru, sanggup membayar sekaligus uang pangkal, uang Komite Sekolah, uang IS bulan Juli & sumbangan sukarela.

b. Kategori Kontribusi Khusus (KK). Mengisi Formulir No. 01A warna merah & Formulir No. 03, serta sanggup membayar sekaligus uang pangkal, uang Komite Sekolah, uang IS bulan Juli & uang KK.

c. Kategori Beasiswa (BS).

1)   Murni, syarat :

a)    Nilai rapor SMP/setingkat semester I s.d. V, mapel B. Indonesia, B. Inggris, Matematika dan IPA, masing-masing nilai min 85, Mapel lainnya masing-masing nilai min 80.

b)   Penghasilan Ortu/wali maks Rp. 5.000.000,-/bulan.

c)    Mengisi Formulir No. 02 warna kuning (BS), Formulir No. 04 dan Formulir No. 05 ;

2)   Prestasi, syarat :

a)    Nilai rapor semester I s.d. V min rata-rata 90 untuk semua mapel dengan nilai terendah min 85.

b)    Penghasilan Ortu/wali tidak ditentukan.

c)    Dikenakan biaya Pemeriksaan Kesehatan dan Psikologi.

d)    Mengisi Formulir No. 02 warna kuning (BSP) dan Formulir No. 04.

3)   Tidak membayar uang pangkal, uang komite dan iuran sekolah.

d. Kategori Undangan.  Mendapat undangan dari LPTTN/SMA Taruna Nusantara, nilai rapor & penghasilan orang tua tidak ditentukan, dibebaskan dari Seleksi Akademik. Terdiri dari :

1)   Undangan Beasiswa, syarat :

(a)  Peraih medali Olimpiade Sains ditingkat Internasional (IMO, IphO, IBO) dan medali emas, perak Olimpiade Sains Nasional (OSN), medali emas Lomba Karya Inovasi Pelajar (LKIP) SMA Taruna Nusantara, juara 1 s.d. 3 lomba Matematika, Sains dan Bahasa Inggris (MSI) yang diselenggarakan oleh SMA Taruna Nusantara.

(b) Dibebaskan dari biaya Pemeriksaan Kesehatan dan Psikologi.

(c) Mendaftar seperti poin c.1) ;

2)   Undangan Iuran Sekolah, syarat :

a)    Peraih medali perunggu OSN, Harapan 1 & 2 MSI.  

b)    Dikenakan biaya Pemeriksaan Kesehatan dan Psikologi.

c)    Mendaftar seperti poin a.

e.  Penyerahan Formulir.   Menyerahkan formulir pendaftaran beserta lampirannya masing-masing rangkap tiga :

1)   SKKB dari Sekolah ;

2)   Surat Keterangan Sehat dari Dokter Instansi Pemerintah (Sipil/Militer) ;

3)   Fotokopi Kartu Tanda Pelajar ;

4)   Fotokopi Akte Kelahiran yang telah dilegalisasi ;

5)   Fotokopi nilai rapor SLTP semester I s.d. V yang telah dilegalisasi ;

6)   Pas Foto seragam sekolah, latar belakang biru ukuran 3×4 (3 buah) ;

7)   Fotokopi piagam prestasi tingkat lokal, nasional atau internasional bidang akademik, olahraga dan kesenian (bila ada) ;

8)    Khusus pendaftar jalur beasiswa menyerahkan pula :

a)    Daftar penghasilan orang tua/wali yang disahkan oleh instansi tempat bekerja bagi karyawan, atau oleh Kades/ Lurah bagi buruh/pedagang/petani/nelayan, dll ;

b)    Fotokopi Kartu Keluarga & KTP orang tua/wali.

 

Seleksi.     Seleksi dilaksanakan dalam dua tahap :

a.  Awal.

1)    Seleksi Administrasi. Meneliti data Casis pada formulir pendaftaran dihadapkan pada persyaratan penerimaan, dilaksanakan di daerah/Ajen atau pusat/LPTTN.

2)    Seleksi Akademik. Materi : Tes Potensi Akademik (TPA), Bhs Indonesia, Bhs Inggris, Matematika dan IPA.

 

b.   Lanjutan.

 

1)    Pemeriksaan Psikologi dan Kesehatan. Casis yang dinyatakan lulus Seleksi Akademik akan dipanggil mengikuti Pemeriksaan Psikologi dan Kesehatan, di daerah yang ditunjuk.

2)    Seleksi Wawancara.  Casis yang dinyatakan lulus Pemeriksaan Psikologi dan Kesehatan dipanggil mengikuti Rangkaian Seleksi Wawancara, di SMA Taruna Nusantara, Magelang.

 

 

Pengumuman.  

Casis yang diterima sebagai Siswa Baru SMA Taruna Nusantara, ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala LPTTN dan langsung masuk pendidikan.

 

Keterangan lebih lanjut dapat diperoleh di tempat Pendaftaran Panitia Daerah/Sub Panitia Daerah masing-masing (Ajen Kodam, Ajen Korem dan Kodim setempat).

NB : Tidak diberlakukan Sponsorship

 

 

 

PANITIA PUSAT

PENERIMAAN SISWA BARU
SMA TARUNA NUSANTARA 

Info lebih lengkap klik disini

Membangun Kecerdasan

 

 

Share Button

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *