Pembimbing Les Privat Ibarat pelatih

Pembimbing Les Privat ibarati pelatih

Pembimbing Les Privat Seperti pelatih, jika di sekolah belajar dengan guru dalam satu kelas bersama dengan sejumlah teman. Sementara Les Privat pembing les privatnya dapat dianggap sebagai pelatih, idealnya bimbingan latihan terutama pengerjaan soal-soal dari materi yang sudah di ajarkan guru di sekolah. Dengan demikian dapat kita sederhanakan perbedaan guru dengan pembimbing les privat.

 Guru

Guru membimbing siswa di sekolah, ia memilikidan mengajarkan sejumlah pengetahuan, konsep dan teori yang ia transfer ke sekelompok siswa melalui berbagai metode. Oleh karena itu, mengajar biasanya melibatkan pemindahan atau pemberian pengetahuan teoretis. Seorang guru dapat mengajarkan teori, formula, dan informasi tentang mata pelajarannya dan juga dapat mengajar siswa bagaimana menerapkan pengetahuan ini secara praktis. Pekerjaan seorang guru, bagaimanapun, tidak hanya melibatkan menanamkan pengetahuan, pekerjaannya juga melibatkan berbagai peran seperti berinteraksi dengan siswa, memfasilitasi pembelajaran, membimbing dan mengajar. Guru juga harus mengikuti silabus dan kurikulum.

Judul pekerjaan guru biasanya dikaitkan dengan pendidikan dasar dan menengah. Dalam pendidikan tinggi, para pendidik dikenal sebagai dosen dan profesor. Sertifikasi pengajaran dari universitas atau perguruan tinggi adalah persyaratan dasar untuk menjadi seorang guru, namun di beberapa sekolah, gelar sarjana dalam bidang yang relevan dapat cukup sebagai kualifikasi.


 

Pembimbing Les Privat sebagai Pelatih

Pelatih adalah orang yang melatih orang untuk melakukan sesuatu. Pekerjaan pelatih melibatkan pengajaran keterampilan praktis atau jenis perilaku. Pelatih menggunakan kemampuan atau keterampilan khusus yang menargetkan keterampilan praktis atau teknis. Tujuan utama mereka adalah untuk mengembangkan kompetensi dan keterampilan di dalam peserta untuk berprestasi secara efektif dan efisien. Tugas seorang pelatih juga melibatkan menginstruksikan, melatih dan memotivasi peserta . Seorang pelatih juga idealnyas membuat rencana pelatihan, memilih metode pelatihan yang relevan, dan menyiapkan materi pelatihan dan bantuan.

 

Perbedaan Antara Guru dan Pelatih

Berarti

Guru adalah seseorang yang mengajar.

Pelatih adalah seseorang yang melatih.

Jenis Pengetahuan

Guru menanamkan pengetahuan teoritis.

Pelatih menanamkan pengetahuan praktis.

Teori vs Keterampilan

Guru mengajarkan konsep dan teori.

Pelatih mengajarkan keterampilan teknis dan praktis utamanya dalam pengerjaan soal.

Pelaksanaan Pembimbingan Les Privat

Dalam pelaksanaannya batasan antara guru dan pelatih sebagaimana ilustrasi di atas tidak dilakukan dengan kaku, melainkan disesuaikan dengan kondisi dan permasalahan yang ada. Artinya pembimbing les juga bisa saja sebagai partner diskusi siswa, demikian pula ketika siswa mengerjakan soal dan pembimbing mengetahui bahwa masih ditemukan adanya konsep dasar yang belum dipahami, maka pembimbing les dipandang perlu membahas kembali  konsep dasar tersebut. Jadi pembimbing les privat tidak kaku sebagai peatih tetapi pendamping secara keseluruhan sehingga siswa yang dibimbinhnya betul-betul memahami materiri-materi yang telah diterimanya di sekolah dan termasuk memahami soal-soal yang terkait materi tersebut.-

Share Button

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *