Efektifitas Belajar on line dari Rumah masa Pandemik

 


Efektifitas Belajar on line, Mewabahnya covid 19 membuat semuanya melakukan “penyesuain aktifitas”. Dengan tujuan utama adalah terhindar dari terpaparnya oleh covid 19. Rumah adalah tempat yang dianggap paling aman untuk melakukan berbagai aktifitas yang selama ini dilakukan di luar rumah, maka pemerintahpun membuat kebijakan demi menyelamatkan rakyatnya dari ancamn covid 19, lalu aktifitas “diatur” agar bisa dilakukan dari rumah: Bekerja dari rumah (Work from home) Belajarpun di rumah (on- line). 

 

Efektifitas Belajar on line

Kebijakan belajar online, agar siswa tetap belajar tanpa harus berkumpul di sekolah, dalam pelaksanaannya tentu membutuhkan “penyesuaian-penyesuaian”, baik dari metode pengajaran, materi pembelajaran, dan cara penyampaian materi serta evaluasi. Tujuannya agar pelaksanaan pembelajaran on line ini bisa efektif tidak terlalu jauh beda hasilnya (terhadap pemahaman siswa) sebagaimana layaknya pada saat pembelajaran secara konvensional atau tatap muka di ruang kelas.

Pada pelaksanaannya tentu ada perbedaan pada tiap-tiap sekolah, ini disesuaikan dengan sarana pendukung dan penunjang baik yang dimiliki oleh guru maupun murid-muridnya.

Salah satu Contoh pelaksanaan belajar on line oleh salah satu guru sekolah dasar di 

jakarta Selatan sebut saja SD Apel 1 Kelas 3C. Guru kelas melakukan komunikasi dengan orang tua siswa melalui grup whats App  (grup WA orang tua siswa). Sekitar pukul 8 Pak Guru melalui grup WA tersebut mengingatkan orang tua, agar putra-putrinya (siswa 3B) bersiap-siap untuk mengikuti pembelajaran on line, bahkan terkadang ini dianggap sebagai absensi kehadiran siswa di kelas virtual, setiap siswa mengirimkan fotonya masing-masing, sebagai tanda siap mengikuti pembelajaran dan menerima tugas dari Bapak Gurunya. Selanjutnya selang beberapa menit Pak Guru melalui Grup WA tersebut memberikan tugas agar siswa mempelajari (membaca bab tertentu mulai halaman .. hingga halaman …). Tak lupa Pak Guru mengingatkan bahwa diakhir pertemuan Pak Guru akan memberikan soal evaluasi yang harus diisi dan jawabannya langsung dikirim ke WA Pak Guru. Lalu Pak Guru memeriksa jawabannya dan mengumumkan nilai yang diperoleh masing-masing siswa. Seperti inilah belajar online yang umum dilakukan oleh Pak Guru kelas 3C SD Apel 1, Dan beberapa kali siswa diberikan juga tugas menggambar, mebuat hasta Karya, menari, bernyanyi, hafalan materi tertentu dan kegiatan tersebut direkam dengan video dan dikirim ke WA Pak Guru. Namun sejak awal semua orang tua siswa juga Pak Gurunya telah sepakat untuk seminimal mungkin menggunakan video baik saat pembelajaran atau mengerjakan tugas-tugas, dengan mempertimbangkan biaya intrernet yang harus dikeluarkan. Demikianlah umumnya rutinitas pembelajaran on line yang dilaksanakan SD Apel 1 kelas 3C(sebagai salah satu contoh kasus yang terjadi). 

Memperhatikan kegiatan belajar mengajar seperti di atas, maka:

  1. Interaksi antara Guru dengan siswa sangat minim, Pak Guru tidak berkomunikasi langsung dengan siswa, ia hanya mengirim tugas baca, mengirim soal, dan membagikan nilai hasil evaluasi,Pak Guru tidak lagi menjelaskan materi layaknya saat ia mengajar di depan kelas, Pak guru tidak bisa mengamati respon muridnya saat diberikan penjelasan, apakah siswanya paham, bingung, atau tidak paham sama sekali, yang jika pada kelas konvensional Pak Guru bisa mengamatinya dari body languages siswa-siswanya, dari raut mukanya saat bertatap muka, sehingga Pak Guru bisa membaca dari raut mukanya itu ,apa ada yang ingin ditanyakan, apakah siswanya belum paham dan sebagainya.

  2. Pada saat pengerjaan soal evaluasi, karena soal tersebut dikirim ke wa grup orang tua, dan saat yang sama umumnya anak sudah mulai bosan belajar, maka umumnya mau tidak mau lebih sering orang tuanyalah yang mengerjakan soal-soal dari Pak Guru tersebut. Ini akhirnya tidak dapat menggambarkan hasil pembelajaran yang sesungguhnya, karena siswa tidak mengerjakan soal-soal tersebut secara mandiri. 

  3. Beberapa orang tua ada yang bisa menjelaskan materi-materi yang dijadikan soal oleh Pak Guru, namun umumnya orang tua (Ibu-ibu) merasa sudah tidak ingat lagi tentang materi tersebut, terlebih jika materi yang dipelajari itu membutuhkan pengetahuan yang kompleks. misalnya saat belajar dengan pokok bahasan “Penjumlahan Pecahan”. untuk memahami pokok bahasan yang satu ini sebelumnya perlu memahami pokok bahasan lainya terlebih dahulu, yaitu pemhaman terhadap pokok bahasan “Kelipatan Persekutuan Terkecil” (KPK)dan materi lainnya yang mendukung. hal-hal semacam inilah yang membuat tidak semua orang tua bisa mengajarkan anaknya pada saat belajar di rumah secara on line. Sangat beda dengan gurunya, ia akan sangat paham siswanya itu tidak mengerti pada bagian pokok bahasan apa? sehingga pokok bahasan tersebut bisa di review lagi.

 

Namun tentu saja Kasus-kasus tersebut walaupun terjadi masih bisa terus diperbaiki, dan masih lebih baik daripada kembali dilakukan kelas konvensional dengan terus dibayangi ancaman wabah covid 19 yang terus mengancam putra-putri kita, bahkan kita sendiri selaku orang tua yang berpotensi terpapar oleh covid 19 tersebut yang mungkin saja tertular dari anak-anak kita yang berada dalam kerumunan.

 

Solusi

Semua kita prihatin dengan kondisi ini, terlebih memikirkan nasib putra-putri kita yang sedang belajar dan “terganggu” adanya wabah ini. Namun tentu ada solusi yang dapat kita, selaku orang tua,  pertimbangkan demi kepentingan buah hati tersayang agar tidak kehilangan “momentum pembelajaran” walaupun satu pokok pembahasan pun yang memang harus ia pelajari saat ini. Langkah yang tepat adalah mengundang guru pendamping ke Rumah Les Privat Guru ke Rumah untuk kembali mempelajari pokok-pokok bahasan yang telah berlalu tanpa penjelasan dan pemahaman yang baik dan benar.Mumpung ada kesempatan mengulang sebelum memasuki materi yang lebih kompleks lagi, terlebih kini pemerintah sudah mulai memberikan “Kelonggaran penerapan PSBB.Namun tetap mematuhi protokol kesehatan terkait wabah covid19.  untuk informasi  silahkan segera menghubungi Customer Servica kami Guru ke Rumah A&B 021 7353537 atau komunikasi via whatsApp: seperti pada Banner di bawah:

Efektifitas Belajar on line

Biaya Les Privat Hemat

Share Button

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *