Loss Learning

Pandemi Covid-19  dampak kerugian yang diakibatkannya menyasar pada berbagi sendi-sendi kehidupan, mulai dari kehilangan pekerjaan, kehilangan pendapatan, kehilangan karir, bahkan kehilangan orang yang kita sayangi akibat kehilangan jiwanya, dan kini yang juga menjadi ramai dibicarakan adalah terkait kerugian yang menimpa para pelajar, banyak diantara mereka kehilangan pembelajaran (kehilngan Kompetnsi pembelajaran atau Learning Loss). Bahkan ini menjadi kekhawatiran dunia, dan jika ini tidak tertangani dengan baik bukan tidak mungkin generasi yang sekarang sedang menimba ilmu pengetahuan, dan kemudian mereka kehilangan kemampuan dalam pembelajaran maka bukan tidak mungkin generasi ini akan tumbuh menjadi kelompok generasi dengan kemampuan intelektual yang rendah sehingga menjadi Loss Generation (generasi yang hilang).

Setelah "ditutupnya" sekolah dan pembelajaran dillakukan dari rumah (BDR), tentu dapat kita bayangkan bahwa proses kegiatan belajar dan hasil pembelajarannya akan berbeda dengan hasil pembelajaran yang dilakukan dengan cara tatap muka (PTM), ketika tiap hari senantiasa dibimbing oleh guru, berkomunikasi dengan guru dan juga dilakukan evaluasi, sementara saat Belajar Dari Rumah, Siapa yang membimbing mereka?

Justru yang tersebar di media sosial  curhat dari orang tua saat membimbing putra-putrinya belajar: Tentang kesulitan menjelaskan materi yang dipelajari anaknya, tentang sulitnya membujuk anak untuk belajar, bahkan beberapa media memberitakan apa yang terjadi pada orang tua yang akhirnya tidak bisa mengontrol emosi saat mengajari anak, sehingga terjadilah kasus-kasus kekerasan pada anak, mulai dibentak, dicubit, di pukul, bahkan ada yang tragis, hingga anaknya tewas.

BDR dan beberapa dampak negatifnya

Belajar dari rumah  dengan memanfatkan fasilitas jaringan internet , merupakan solusi agar pembelajaran yang merupakan hak anak untuk  tetap bisa belajar.  Namun saat pembelajaran di rumah tanpa pembimbing alih-alih tekun melaksanakan pembelajaran materi yang diberikan guru, anak-anak menggunakan gadgetnya untuk mencari konten-konten lain, seperti game, menonton film dll.  yang juga menjadi kekhawatiran banyak orang tua adalah konten-konten yang tidak baik dilihat pelajar yang belum dewasa, seperti konten pornografi, yang jika anak kecanduan melihat konten ini justru dapat mengakibatkan kerusakan pada jaringan otak.

Alternatif Solusi 

Dampak Pandemi yang berpotensi hilangnya kompetensi belajar pada anak, karena kurangnya bimbingan saat belajar di rumah dan juga akibat penggunaaan smartphone yang justru digunakan untuk hal-hal yang efeknya  bisa merusak anak, maka mendatangkan pembimbing les privat bisa dijadikan solusi untuk membimbing anak untuk memahami pelajaran dengan baik, sehingga anak tidak kehilangan kompetensi pelmbelajarannya, loss learning, selain itu penggunaan gadgetpun menjadi lebih terkontrol dan dapat diarahkan menjadi lebih baik. Selai itu les privat bisa juga dilakukan secara berkelompok misalnya 2-4 siswa, dengan demikian mereka masih bisa bersosialisasi, namun tetap masih dibawah bimbingan guru les privatnya, dan tentu dari sisi pembiayaan les privat kelompok seperti ini jauh lebiih murah jika dibandingkan dengan lesprivat sendiri.

Les Privat A&B

A&B adalah bimbingan belajar (Bimbel)dengan fokus layanan memberikan bimbingan belajar di rumah siswa atau Les privat. telah berkiprah lebih dari 20 tahun dengan jumlah siswa yang pernah dibimbing lebih dari 9000 siswa mulai dari TK hingga SMU. A&B didirikan oleh beberapa sarjana dari Universitas Indonesia dengan tim pengajar dari berbagai perguruabn tinggi terkemuka. dengan Les Privat para pelajar bisa terbantu untuk memahami pelajaran, mengerjakan tugas dari sekolah, dantentunya terhindar dari kejenuhan, karena waktu belajar, tempat belajar bisa ditentukan siswa, bahkan siswa bisa juga meminta pergantian pengajar untuk menghindarkan kebosanan, dll.

Untuk informasi dan pendaftaran cukup menghubungi telepon 0217353537 (jam kantor) atau kirim pesan melalui WhatsApp 085782117242 (dijawab saat jam kerja)

atau datang langsung ke kantor A&B dengan Alamat:

Gedung Alfamart lantai 2, jl. RC.Veteran No 32 Bintaro Jakarta Selatan.

Share Button

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *