Abel (Absensi Elektronik) Aturan dan Cara Pengisian

Abel atau Absen Elektronik adalah salah satu bukti tertulis (elektronik) kehadiran pengajar di rumah siswa. Dengan demikian setiap pengajar yang telah ditugaskan oleh bagian admin A&B harus mengisi abel sebagai bagian dari bukti kehadiran.

Fungsi Abel Dan Hal Yang Perlu Diperhatikan:

  1. Orang Tua siswa dimanapun ia berada bisa segera tahu bahwa pengajar anaknya datang saat jadwal privat yang telah ditentukan. Ia tahu juga jam belajarnya, materi yang diajarkan, dll.
  2. Sebagai dokumen elektrik, yang kapanpun bisa diakses saat data kehadiran tersebut dibutuhkan (terutama) saat terjadi permasalahan absensi.
  3. Dapat dijadikan acuan (data back-up) untuk pengajar, jika absen pengajar pada kertas hilang, tak terbaca, dll.
  4. Jika terjadi pergantian pengajar, dapat dijadikan acuan bagi pengajar pengganti untuk kelanjutan absensinya, selain mengacu pada absensi pengajar pada absen kertas. .
  5. Pengisian abel harus akurat, dan  diisi pada saat jadwal mengajar siswa bersangkutan.
  6. Kebenaran dan keakuratan pengisian Abel menjadi tanggung jawab pengajar bersangkutan.
  7. Pihak siswa diperkenankan untuk mengisikan komentar pada abel tersebut.

Bagian-bagian Abel

abel

Keterangan berdasarkan no:

  1. NIS (Nomor Identitas Siswa). Abel dapat dicari pada kolom pencarian (searching) dengan memasukkan nomor tersebut.
  2. Peta, menunjukan lokasi terdekat dengan rumah siswa. Peta ini hanya menunjukan lokasi terdekat saja, bisa nama jalan atau nama perumahan dari rumah siswa tersebut. Hal ini mempertimbangkan privasi alamat siswa. Untuk detail alamat siswa dapat dilihat pada surat tugas.

  3. Petunjuk pengisian untuk pengajar dan untuk siswa.
  4. Ini adalah bagian terpenting! kolom komentar pada halaman ini adalah kolom pengisian absensi. Setiap kali mengajar tuliskan pada kolom tersebut. Tatacara penulisannya sesuaikan dengan petunjuk pada no. 3 di atas. Kolom ini diisi tiap pertemuan. Jadi satu kolom, satu kali pengisian, untuk satu kali pembelajaran. Dengan demikian tidak dibenarkan pengisiannya disatukan . misalnya 8x pertemuan diisi pada akhir periode. sehingga ke 8 pertemuan diisikan dalam 1 kolom komentar. ini tidak benar. (lihat fungsi abel) dan diisi pada saat jadwal mengajar, sebelum atau segera setelah selesai mengajar.

 

strong>PERHATIAN

  1. Absensi(abel) ini pengisiannya menjadi tanggung jawab pengajar bersangkutan, maka yang bisa mengisi kolom komentar hanya guru bersangkutan.

  2. Oleh karena itu sebelum mengisi kolom tersebut pihak admin akan meminta guru tersebut mengisikan Email dan Nama Lengkap. Untuk memudahkan identifikasi sertakan pula NIP anda dibelakang nama. Misal: Budi_7356 (7356 adalah NIP Budi).

  3. Walau pengajar sudah mengisi email dan nama lengkap, apa yg ditulis pada kolom tersebut belum bisa langsung terlihat sebelum disetujui oleh pihak admin. Ini untuk menghindari ada pihak lain yang ikut mengisi kolom tersebut. Dan persutujuan ini  dari admin hanya untuk pengisian yang pertama saja, untuk kedua dan seterusnya bisa langsung terlihat tanpa menunggu persetujuan lagi.

  4. Karena persetujuan admin umumnya dilakukan pada jam kantor, maka jika pertemuan pertamanya lewat dari jam kantor maka pertemuan pertama tidak dapat persetujuan dari admin. Maka dapatkan persetujuan mengisi abel sebelum tutup kantor. Jadi saat pengajar menerima surat tugas dan link abel, segera buka abelnya, baca, dan coba isi kolom komentarnya dengdan jadwal mengajarnya. misalnya tuliskan: senin jam 17; selasa jam 19.30. Lalu klik kirim. Jika dalam 5  menit belum ada persetujuan segera chat ke admin dengan wa 081514139823. Tuliskan minta persetujuan untuk NIS…. demikian juga jika ada masalah dengan pengisian abel silahkan hub no tersebut.

____________________________________________________________________________

 

Share Button