Mari Mengajar

Mengajar

Mari Mengajar

A&B senatiasa membuka kesempatan baik untuk fresh graduate juga mahasiswa. Bagi banyak mahasiswa, mengajar privat adalah salah satu aktifitas yang sering menjadi pilihan, terutama mereka dari MIPA, jurusan bahasa inggris, bahasa arab, akuntansi, dan computer. Mengajar privat bagi mahasiswa tentu bukan saja termotivasi untuk memperoleh pendapatan (tambahan uang saku), namun mengajar merupakan salah satu cara untuk makin menguasai materi yang dipelajarinya dan untuk terus mengingatnya, juga salah satu cara untuk mengukur,  kemampuan penguasaan materi dari umpan balik melalui siswa yang diajarinya. Seorang pembimbing bisa menilai dirinya sendiri, apakah yang ia jelaskan dan cara menjelaskan mudah dipahami? Dengan sering mengajar dan terus melakukan evaluasi, pada gilirannya ia akan mampu menyederhanakan “pelajaran” sedemikian rupa sehingga siswa dengan mudah memahami apa yang diajarkannya.

Belajar dari Einstein

Belajar dari Einstein, ilmu pengetahuan bagi Einstein adalah sesuatu yang harus bisa dijelaskan dengan cara sederhana/simpel. Seperti kata-katanya “Kalau kamu tidak bisa menjelaskannya dengan sederhana, berarti kamu belum begitu mengerti tentang permasalahan itu”. Inilah yang membuat Einstein sangat sensational, ia menyederhanakan ilmunya yang sangat rumit,  rumus relativitas yang sangat rumit saja bisa jelaskannya hanya dengan E= mc2.
Inilah salah satu alasan mengapa banyak mahasiswa “menikmati” aktifitas mengajar, karena sesungguhnya mengajar adalah belajar, belajar yang pada saatnya akan mampu menyederhanakan ilmu, untuk kemudian mudah dipahami. Kemampuan “membuat mudah” adalah satu kekayaan intelektual yang sangat berharga, jauh nilainya daripada uang saku yang ia peroleh saat ini.

Tim Pengajar A&B Dari Berbagai PTN Terkemuka

Bimbingan belajar Privat Guru ke Rumah A&B berdiri sejak tahun 1999 didirikan dan dikelola oleh beberapa sarjana dari Universitas Indonesia dengan tim pengajar mahasiswa dan sarjana dari berbagai perguruan tinggi (PT) terkemuka, saat awal berdiri telah (pernah) bergabung beberapa sarjana fresh graduate diantaranya dari Universitas Indonesia terutama sarjana MIPA dan Teknik, termasuk Teknik Arsitektur,  Teknik Sipil, Teknik Gas Petrokima, juga sarjana dari Fakultas kedokteran;   dari ITB (sarjana dari Teknik Fisika, Teknik Kimia, Teknik Geologi), dari UGM (Sarjana Teknik Arsitektur), dari STAN terutama lulusan Akuntansi, dari Universitas Negeri Jakarta, terutama sarjana pendidikan dari MIPA; Dari UIN Jakarta terutama sarjana-sarjana Saintek dan Bahasa Inggris, begitu pula dari perguruan tinggi lainnya Sekolah Tinggi Meteorologi dan Geofisika, Universitas Soedirman, Universitas Andalas, dan lainnya.
Sejak berdiri hingga akhir 2017 tidak kurang dari 3000 sarjana dan mahasiswa pernah bergabung (termasuk yang hingga kini masih aktif) sebagai pengajar. A&B juga telah membuat Grup (FB) yang memposting siswa-siswa yang sedang membutuhkan guru privat, hingga akhir 2017 telah beranggotakan sebanyak lebih dari 7000 orang (link grup fb tersebut dapat dilihat di bagian bawah tulisan ini) dan terbuka bagi siapa saja mahasiswa atau sarjana yang ingin bergabung ke dalam grup tersebut.

Pelajaran Yang Dipelajari

A&B senantiasa membuka kesempatan bagi siapa saja yang berminat untuk menjadi pengajar privat mulai mengajar privat TK, SD, SMP, SMU.  Adapun materi yang umumnya diminta siswa adalah:
Matematika
IPA (SAINS)
Fisikia
Kimia
Akuntansi
Bahasa Inggris
Bahasa Indonesia (biasanya hanya untuk pembahasan soal UN)
Computer
Belajar baca tulis
Belajar Baca Al-Quran

Bergabung dengan Bimbel

Bagi umumnya mahasiswa ngajar privat tentu bukan tujuan utama, melainkan hanya untuk mengisi waktu luang. Namun tentu tidak dipungkiri dapat tambahan uang saku menjadi daya tarik tersendiri. Dengan bergabung bersama bimbel (bimbingan belajar) privat tentu tidak perlu lagi mencari murid. Bimbel akan menawarkan murid yang sedang membutuhkan pengajar privat. Dan yang juga perlu dipertimbangkan tidak semua siswa yang diajari lancar dari sisi pembayaran. Dengan bergabung pada bimbel, pengajar tidak perlu repot harus menagih. Keuntungan bergabung pada sebuah lembaga juga saat tidak bisa mengajar bisa digantikan sementara.  Dengan demikan pihak siswa tidak terlalu kecewa. Singkatnya fokus untuk belajar dan mengajar. Mengenai honor  mengajar, tentu telah ditetapkan terlebih dahulu sebelum mengajar. Dan penetapan harga oleh bimbel tentu mempertimbangkan banyak aspek agar bimbel dapat berjalan untuk jangka panjang. oleh karena itu kepercayaan dan daya tarik dari berbagai pihak, terutama pihak siswa, pihak guru akan tetap dijaganya, termasuk mempertimbangkan “persaingan” dengan bimbel lainnya.

 

 

Bagi sarjana yang baru lulus (fresh graduate) mengajar privat sering dijadikan pilihan, sementara sambil mencari pekerjaan tetap. Namun ada juga yang sudah bekerja (dosen, PNS, dan lain-lain), memanfaatkan waktu luangnya dengan mengajar privat.

Syarat Untuk Calon Pengajar A&B

Adapun syarat untuk bergabung dengan A&B sebagai pengajar privat adalah sebagai berikut:

  1. Sarjana atau mahasiswa program S1, D4, D3, D2.
  2. Berkarakter, prilaku dan berpenampilan sebagaimana layaknya seorang guru yang baik.
  3. Mengisi form pendaftaran pengajar (klik form di bawah); Isi lengkap lalu kirim (submit).
  4. Segera infokan melalui WhatsApp 085888669608, #nama anda#Nama PT; Fakultas; Jurusan#lulus atau masih kuliah#Tgl kirim form#
  5. Mengajukan surat lamaran, yang dilengkapi foto copy ktp, foto copy kartu tanda mahasiswa (bagi yang masih kuliah), dan foto copy SKCK (bagi yang sudah lulus). Surat lamaran dibawa saat tes.
  6. Mengikuti tes tulis yang diselenggarakan di Kantor A&B (tes tulis dan wawancara +/-2 jam). Untuk mengikuti tes harap konfirmasi terlebih dahulu (melalui WhatsApp) untuk mengetahui waktu tes untuk anda.

Klik dan isi form berikut:

Form Pendaftaran Pengajar

Tes (calon) Pengajar A&B

Gabung dengan Grup Fb info Lowongan Ngajar Privat klik disini

 

 

Share Button